Posisi Mars yang Lebih Jauh dari Matahari Dibandingkan Bumi, Beri Tantangan  Besar Bagi Manusia yang Akan Mengunjungi Planet Itu
Planet Mars akan memberi tantangan pada manusia yang mengungjunginya. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Masa depan dengan orang-orang yang terbang melintasi ruang angkasa untuk hidup di Mars mungkin lebih dekat daripada yang kita sadari. Kapan pun itu akhirnya terjadi, manusia di Mars harus menyesuaikan diri dengan hari-hari yang sangat berbeda dari apa yang kita miliki di Bumi.

Gagasan manusia pergi ke Mars telah menjadi daya tarik yang berkelanjutan selama bertahun-tahun. Planet Merah adalah tetangga yang relatif dekat, diyakini pernah menjadi rumah bagi kehidupan kuno, dan sering menjadi titik fokus dalam berbagai bentuk fiksi ilmiah. Dari semua planet di Tata Surya, itu adalah salah satu yang paling menarik perhatian.

Ketertarikan itu telah menghasilkan banyak penelitian dan misi yang berputar di sekitar Mars. NASA telah mengirim banyak penemu ke planet ini, melakukan pengamatan ketat tentang lingkungan Mars, dan bahkan memiliki rencana untuk mengirim manusia pertama ke sana pada tahun 2030.

Apakah misi ini menghasilkan pengungkapan tentang danau kuno Mars atau foto bebatuan yang memukau, semuanya berjalan menuju tujuan untuk  memahami planet Mars lebih baik daripada yang kita lakukan sebelumnya.

Ketika membahas mengunjungi atau tinggal di planet lain, salah satu hal yang paling menarik untuk dipertimbangkan adalah berapa lama sehari penuh. Dalam kasus Mars, manusia masa depan yang pergi ke sana akan disuguhi lebih banyak waktu daripada biasanya.

Menurut NASA, satu hari penuh di Mars adalah 24 jam dan 37 menit - hanya sedikit lebih lama dari 23 jam dan 56 menit yang dibutuhkan Bumi untuk membuat orbitnya mengelilingi Matahari. Meskipun perbedaannya tidak terlalu drastis dari hari ke hari, itu berarti bahwa satu tahun di Mars membutuhkan 687 Hari Bumi untuk menyelesaikannya.

Alasan untuk hari dan tahun yang lebih panjang ini? Itu semua ada hubungannya dengan hubungan Mars dengan Matahari. Sebagai titik referensi, Bumi berjarak 93 juta mil dari Matahari dan memiliki kecepatan orbit sekitar 67.000 mil per jam. Sebagai perbandingan, Mars berjarak 142 juta mil dari Matahari dan memiliki kecepatan orbit yang lebih lambat di bawah 54.000 mil per jam. Mars posisinya lebih jauh dari Matahari, bergerak jauh lebih lambat di sekitarnya, dan itulah mengapa waktu bergerak sedikit lebih lambat di Planet Merah.

Jarak yang lebih jauh dari Matahari ini tidak hanya berdampak pada waktu. Tambahan 49 juta mil antara Mars dan Matahari juga berarti planet ini jauh lebih dingin daripada di Bumi. Di mana Bumi memiliki suhu permukaan rata-rata 57°F, suhu rata-rata di Mars adalah -81°F. Selain itu, hari/tahun yang lebih panjang juga berarti musim di Mars lebih panjang.

Seperti yang dijelaskan NASA, "Selama musim dingin Mars yang panjang, hari-hari yang lebih pendek dan sinar matahari yang berkurang berarti bahwa pesawat ruang angkasa bertenaga surya terkadang harus menghemat energi mereka dengan hati-hati."

Semua ini berfungsi sebagai pengingat yang bagus tentang betapa alien Mars sebenarnya dari rumah di Bumi. Mungkin dekat dan memiliki hari-hari yang cukup mirip, tetapi segala sesuatu tentang hari-hari itu jauh berbeda. Mungkin ada masa depan dengan manusia yang hidup dan berkembang di Mars, tetapi akan membutuhkan banyak pekerjaan dan penelitian untuk mencapai titik itu.