Bagikan:

JAKARTA - Mars adalah salah satu planet paling menarik di Tata Surya. Akan tetapi bagaimana ukurannya dibandingkan dengan Planet Bumi? Terlepas dari seberapa banyak kemajuan teknologi atau informasi baru apa yang kita pelajari, ruang angkasa terus-menerus menghadirkan pertanyaan baru untuk dijawab umat manusia.

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak penelitian terkait ruang angkasa telah dikhususkan untuk Mars. Dari semua planet di Tata Surya, Mars secara luas dianggap sebagai salah satu yang paling menarik. Tidak hanya itu salah satu planet terdekat dengan Bumi, tetapi juga yang paling layak huni.

Mars memiliki permukaan padat dan berbatu, air beku, dan mungkin pernah menjadi rumah bagi kehidupan kuno. Ada banyak pekerjaan yang perlu dilakukan sebelum manusia dapat hidup atau bahkan mengunjungi Mars, tetapi itu tidak menghentikan para peneliti untuk menemukan cara untuk mewujudkannya.

Ketertarikan yang meningkat dengan Mars ini sering menimbulkan banyak pertanyaan tentang Planet Merah itu. Salah satu yang paling sering ditanyakan sangat menarik: Apakah Mars lebih besar dari Bumi? Jika manusia mencari planet lain untuk ditinggali, tentunya kita akan mencari sesuatu yang ukurannya sama atau sedikit lebih besar dari Bumi — bukan?

Ternyata, Mars tidak lebih besar dari Bumi. Bahkan, itu jauh lebih kecil. Mars memiliki radius hanya 2.106 mil. Sebagai perbandingan, Bumi memiliki radius 3.958 mil dan sekitar dua kali ukuran keseluruhan Mars. Seperti yang dijelaskan NASA, "Jika Bumi seukuran nikel, Mars akan sebesar raspberry."

Dibandingkan dengan planet lain di Tata Surya, Mars adalah salah satu yang terkecil dari semua tetangganya. Bahkan terkecil kedua setelah Merkurius. Merkurius secara substansial lebih kecil dari jejak Mars yang sudah kecil, berukuran hanya dengan radius 1.516 mil. Namun, itulah satu-satunya planet Mars yang memiliki keunggulan ukuran di atas.

Hal-hal benar-benar dimasukkan ke dalam perspektif ketika mengukur Mars hingga Saturnus dan Jupiter (dua planet terbesar di Tata Surya). Dengan radius masing-masing 36.184 mil dan 43.441 mil, Mars tidak memiliki lilin untuk dua raksasa gas Tata Surya.

Apakah Mars lebih kecil dibandingkan dengan planet lain? Tentu. Apakah itu pukulan besar terhadapnya? Tidak sedikit pun. Mars jauh dari planet yang sempurna untuk dijelajahi/dihidupi oleh orang-orang di masa depan, tetapi jauh lebih baik daripada saudara kandungnya yang lebih besar.

Saturnus dan Jupiter tidak diragukan lagi memiliki lebih banyak ruang. Namun, komposisi gas 100 persen mereka berarti bahwa mereka tidak akan dikunjungi oleh manusia dalam waktu dekat. Pepatah lama mengatakan, ' size doesn't matter.' Dalam kasus Mars, itu sepenuhnya benar.