Ada Masalah <i>Airbag</i>, Tesla Tarik 7.600 Unit Model S dan X 2021
Tesla Roadster (Sumber: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Produsen kendaraan listrik asal Amerika Serikat (AS), Tesla akan melakukan penarikan 7.600 unit mobil Model S dan Model X produksi 2021. Penarikan dilakukan setelah ditemukan masalah pada airbag.

Dikutip dari CarsCoops, Minggu, 21 November, penarikan itu diterbitkan ketika adanya investigasi dari pemasok di Meksiko yang mengungkapkan bahwa proses pembungkusan yang digunakan pada penutup dapat menyebabkan airbag tersangkut di lubang penutup saat seharusnya mengembang ketika terjadi kecelakaan.

Hal itu memiliki potensi dan juga akan dapat menyebabkan robekan pada kain bantalan airbag sehingga membuatnya tidak efektif pada saat difungsikan.

Pemberitahuan penarikan yang dikeluarkan oleh Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) mencatat bahwa pemasok mulai memproduksi penutup kotak airbag yang rusak pada 29 Juni 2021 dan terus memproduksinya hingga 8 September 2021.

Sebagai tindakan pencegahan, Tesla telah mengumumkan bahwa mereka akan menarik kembali kendaraan Model S 2021 yang diproduksi antara 21 Juni 2021 dan 29 September 2021 serta Model X 2021 yang dibangun antara 3 September 2021 dan 23 September 2021.

Tesla akan memperbaiki masalah ini hanya dengan mengganti airbag pengemudi pada semua kendaraan yang terkena dampak. Penggantian ini menampilkan desain baru yang memperkenalkan penguatan pada kain bantalan di mana robekan bisa terjadi.

Semua diler Tesla dan pusat layanan sudah diberitahu tentang penarikan pada atau sebelum 10 November, sementara pemilik akan diberitahu melalui surat pada 7 Januari 2022.