Cara Mengubah Protokol Internet Menjadi Otomatis untuk Mengatasi <i>Limited Access</i> pada WiFi
Cara Mengubah Internet Protocol Menjadi Otomatis untuk Mengatasi Limited Access pada WiFi (DreamTimes)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Di masa pandemi seperti saat ini, jaringan internet menjadi kebutuhan yang harus dimiliki semua orang, terutama bagi yang bekerja dari rumah atau work from home.

Banyak dari mereka yang memanfaatkan jaringan WiFi untuk memenuhi kebutuhan internet mereka, atau menggunakan tethering menggunakan ponsel, supaya laptop atau komputer dapat terhubung dengan internet.

Akan tetapi, sering ditemui berbagai masalah saat Anda menggunakan laptop untuk bekerja. Misalnya jaringan tiba-tiba terputus dan hilang, atau masalah lain seperti jaringan menjadi "Limited Access".

Hal tersebut, mungkin sering Anda jumpai saat sedang menggunakan jaringan internet. Pengguna tiba-tiba tidak bisa mengakses situs yang ingin dikunjungi.

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah mengubah internet protocol di pengaturan jaringan di perangkat Anda menjadi otomatis supaya dapat mengakses WiFi atau jaringan internet yang Anda gunakan.

Jika Anda belum tahu cara melakukannya, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah yang telah dirangkum oleh tim VOI di bawah ini untuk mengubah pengaturan internet protocol di laptop atau komputer menjadi otomatis.

Cara Mengubah Internet Protocol Jadi Otomatis

Untuk mengubah pengaturan internet protocol menjadi otomatis, pengguna dapat masuk ke jaringan WiFi dengan cara klik ikon WiFi yang ada di bagian pojok kanan bawah komputer Anda.

Selanjutnya pengguna dapat memilih menu Network & Internet Settings, kemudian pilih Change Adapter Options.

Pada bagian selanjutnya akan muncul sejumlah pilihan adapter yang dapat Anda pilih. Pengguna dapat memilih adapter Wireless Network Connection atau Wi-Fi.

Klik kanan pada adapter tersebut, kemudian pilih menu Properties. Setelah itu pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) dan klik Properties lagi.

Pada menu General atau pengaturan umum, Anda dapat memilih Obtain an IP address Automatically pada opsi atas, dan untuk opsi bawah, pilih Obtain DNS Server address Automatically.

Setelah itu, klik ikon OK untuk menyimpan pengaturan tersebut, dan Anda dapat mencoba kembali terhubung dengan WiFi Anda yang sebelumnya memiliki Limited Access dan tidak bisa terhubung ke internet.

Jika mengubah pengaturan internet protocol ke otomatis tidak dapat mengatasi Limited Access di perangkat Anda, pengguna dapat mencoba cara lain seperti menginstall ulang Driver WiFi dan sebagainya.

Namun, jika mengubah pengaturan internet protocol sudah bisa mengatasi masalah Limited Access di jaringan Anda, maka pengguna dapat melanjutkan aktivitas dengan menggunakan jaringan yang tersedia.

Itu tadi cara yang dapat Anda lakukan untuk mengubah pengaturan internet protocol di perangkat laptop atau komputer Anda untuk mengatasi masalah Limited Access di jaringan WiFi yang sedang Anda gunakan.