Kelancaran Akses Internet di Hotel pada Masa <i>Work From Anywhere</i> Jadi Persoalan yang Perlu Diperhatikan
Staycation dan Work from Anywhere nyaman tanpa takut internet lemot (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Internet kencang menjadi salah satu kebutuhan pokok atau primer yang dibutuhkan masyarakat melakukan aktivitas sehari-hari, seperti bekerja, belajar, mencari hiburan, maupun sekadar meluangkan waktu.

Terlebih, dengan adanya pandemi COVID-19, berbagai kegiatan sehari-hari harus dilakukan secara online, seperti melakukan pekerjaan dari rumah atau Work from Home dan school from home atau sekolah dari rumah. Oleh karenanya, internet menjadi kebutuhan yang vital. 

Namun, sisi positif dari pandemi COVID-19 adalah membuka kesempatan bagi orang-orang untuk melakukan pekerjaannya dari mana saja atau Work from Anywhere (WFA). Dengan WFA kita masih dapat bekerja, bersekolah, hingga berlibur atau staycation.

Survei Agoda.com menunjukkan bahwa pandemi membuat hotel beralih fungsi dari tempat istirahat menjadi destinasi wisata, akomodasi, serta tempat staycation. Dengan adanya perubahan fungsi hotel dan meningkatnya animo masyarakat dalam melakukan WFA di hotel, maka WiFi menjadi salah satu fasilitas yang perlu diperhatikan dan ditingkatkan.

Ketua Hotel Information Technology Association (HITA), Andy Aries, mengatakan bahwa peran WiFi menjadi sangat vital dan menjadi sebuah kebutuhan ketika tamu sedang melakukan WFA maupun staycation di suatu hotel.

“Jika Internet di hotel tersebut tidak sesuai dengan ekspektasi tamu, hal ini akan sangat berpengaruh terhadap pelayanan maupun perkembangan bisnis hotel ke depan,” tambah Andy dari pernyataan yang diterima di Jakarta, Selasa, 23 Agustus.

Penelitian yang dilakukan eHotelier, perusahaan edukasi di bidang hospitality dan industri pariwisata, juga menjelaskan bahwa akses Internet menjadi salah satu keluhan paling banyak yang dilontarkan pelanggan. Pasalnya, hampir 100% pelanggan membawa handphone, laptop, ataupun tablet. Sehingga, perlu diperhatikan infrastruktur WiFi hotel yang baik.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, pemilihan access point yang tepat menjadi hal esensial agar mendapatkan kualitas terbaik. Pemilihan access point yang baik, dapat mendukung sinyal internet yang lebih stabil dan cepat untuk memenuhi kebutuhan tamu hotel. 

Lebih lanjut, access point yang tepat dapat meningkatkan kepuasan maupun keleluasaan bagi para tamu yang tinggal, sehingga dapat meningkatkan ulasan baik dan positif terhadap hotel

Omada, perangkat networking dari TP-Link, menawarkan keunggulan access point untuk skala besar. Keunggulan tersebut berupa sinyal internet yang kuat dan stabil, mencakup seluruh wilayah hotel baik indoor maupun outdoor, keamanan dan stabilitas koneksi, tampilan router yang elegan sehingga dapat menyatu dengan dekorasi hotel, serta perawatan yang mudah.

“Kami memahami, dengan adanya fenomena WFA dan staycation, WiFi menjadi fasilitas yang perlu tersedia di hotel. Dengan perangkat kami yang diperuntukkan khusus pada sektor pariwisata, Omada dapat memberikan pengalaman koneksi Internet yang stabil, aman, dengan cakupan yang luas kepada para pelanggan,” jelas Biko Yoshia, selaku Marketing Manager TP-Link Indonesia.