Sudah Pakai <i>Router</i> Tapi  Masih <i>Lemot?</i> Ini Cara Tingkatkan Kecepatan Router di Rumah Anda
Sejumlah Cara meningkatkan kecepatan router (Foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Di dunia serba digital saat ini, akses internet memang sangat penting untuk mayoritas masyarakat. Dengan internet, Anda  dapat berbelanja barang, makanan atau minuman tanpa harus datang langsung ke tokonya.

Wi-Fi juga sudah banyak dipasang di mana-mana. Baik di rumah, kantor, sampai tempat umum. Namun, jarak Wi-Fi hanya antara 20 – 50-meter saja. Lebih dari itu, Anda tidak akan dapat mengaksesnya.

Dalam kondisi itu, Router adalah solusi terbaik untuk menghubungkan perangkat ke jaringan internet. Namun, jika router yang Anda gunakan juga tidak dapat bekerja dengan maksimal, maka Anda harus tahu cara mengoptimalkan pengaturan router untuk kecepatan atau membuat konfigurasi router terbaik untuk internet yang lebih cepat.

Berikut cara meningkatkan kecepatan router Wi-Fi Anda yang dirangkum VOI.

Otomatiskan Jadwal Reboot

Sebagian besar router yang lebih baru tidak perlu di-boot ulang secara teratur. Tetapi seperti yang diketahui kebanyakan orang, jika Anda pernah mengalami koneksi internet mati, sering kali hanya perlu me-reboot router untuk membuat Anda kembali aktif dan berjalan.

Atur untuk reboot sekali sehari saat Anda sedang tidur, dan Anda bahkan tidak akan pernah melihat waktu henti saat router mati dan mulai kembali.

Jadikan Router Anda Lebih Cepat dengan Antena Baru

Cara sederhana untuk membuat router lebih cepat adalah dengan membeli antena baru.

Antena di sebagian besar router tingkat konsumen sangat buruk. Antena aftermarket yang diperkuat adalah perbaikan yang bagus dan cara sederhana untuk meningkatkan kualitas sinyal tanpa memerlukan perangkat baru.

Opsi aftermarket bertenaga dan diperkuat mulai dari sekitar 15 – 100 dolar AS atau sekitar Rp210 ribu hingga 1,4 juta.

Nonaktifkan Protokol Nirkabel Lama

Salah satu hal pertama yang dapat Anda pertimbangkan adalah mematikan protokol nirkabel lama. Router yang lebih baru pada protokol 802.11ax menawarkan kemampuan yang jauh melebihi penawaran layanan banyak ISP.

Meskipun router mungkin cepat, banyak perangkat Anda mungkin menggunakan protokol lama seperti 802.11b, yang kemudian itu dapat memperlambat seluruh jaringan segera setelah perangkat terhubung.

Perbarui Router Anda

Salah satu cara yang paling diabaikan untuk memaksimalkan kecepatan router adalah memastikan router Anda selalu menjalankan perangkat lunak dan firmware terbaru dari pabrikan.

Pembaruan biasanya merupakan perbaikan keamanan, tetapi pembaruan itu tidak akan tiba-tiba membuat router Anda bekerja sangat cepat, namun, langkah ini bisa jadi membantu.

Bereksperimen dengan Lokasi Router

Bukan hanya tentang menemukan pengaturan router terbaik, Anda juga perlu mempertimbangkan di mana Anda menempatkan router Anda di rumah Anda.

Karena router bersaing dengan setiap perangkat 2,4GHz dan/atau 5GHz lainnya di wilayah Anda, gerakan halus sering kali membuat perbedaan besar. Selain itu, bahan bangunan rumah Anda dapat mengganggu sinyal nirkabel. Misalnya, dinding beton padat sangat sulit untuk dilewati koneksi Wi-Fi.

Ubah Nama Jaringan dan Kata Sandi Anda

Banyak orang yang paham teknologi masih menggunakan nama pengguna dan kata sandi default di router mereka. Bahkan peretas menengah mampu meretas jaringan yang relatif aman dengan kata sandi non-default.

Menggunakan kata sandi Wi-Fi yang kuat juga sama pentingnya. Meskipun Anda mungkin telah membagi perangkat Anda menjadi band yang terpisah, memperbarui firmware Anda, dan berpindah saluran selama periode lalu lintas tinggi, itu semua sia-sia jika tetangga Anda membonceng Wi-Fi Anda dan menggunakannya untuk menonton dan mengunduh film setiap hari.

Install New Firmware

Ada beberapa opsi firmware sumber terbuka untuk beberapa router paling populer. Meskipun tidak setiap router didukung, namun langkah ini bisa dicoba. Mereka dapat membantu Anda mempercepat router Netgear, menemukan pengaturan terbaik untuk router TP-Link, dan membuat hampir semua merek router berjalan lebih cepat.

DD-WRT, OpenWRT, dan Tomato adalah beberapa firmware pihak ketiga paling populer.