Pemerintah China Terus Lakukan Pengetatan Aturan di  Sektor Internet, Ini Alasannya
Pemerintah China makin perketat aturan sektor internet. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - China akan melanjutkan pengawasannya terhadap sektor internet, membasmi praktik termasuk pemblokiran tautan situs oleh platform saingan dan memastikan pemain yang lebih kecil memiliki ruang untuk berkembang. Hal ini dikatakan oleh menteri industrinya dalam sebuah wawancara yang diterbitkan pada Minggu, 17 Oktober.

Tahun ini China telah terlibat dalam kampanye besar-besaran di seluruh regulator untuk mengendalikan ekonomi online yang besar dan bebas, yang dipimpin oleh raksasa Alibaba Group Ltd, Tencent Holdings Ltd dan lainnya.

Pada bulan Juli, Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi China meluncurkan kampanye regulasi enam bulan yang bertujuan untuk mengatasi masalah yang termasuk mengganggu ketertiban pasar, melanggar hak pengguna, membahayakan keamanan data, dan membombardir pengguna dengan jendela pop-up yang tidak dapat ditutup.

"Saat ini, perusahaan telah meningkatkan kesadaran kepatuhan mereka, dan beberapa masalah luar biasa telah diselesaikan sebelumnya," Xiao Yaqing, menteri industri dan informasi China, mengatakan kepada kantor berita resmi Xinhua.

Dia mengatakan bahwa pemblokiran tautan saingan telah diselesaikan, sementara pop-up yang tidak dapat ditutup sebagian besar telah dihilangkan.

Xiao mengatakan kementerian akan bekerja dengan departemen pemerintah lainnya dan industri untuk memastikan lebih banyak ruang untuk pengembangan perusahaan kecil dan menengah di sektor ini.