Cara Menemukan Teman Baru di Telegram Menggunakan Fitur Find People by Location
Cara Mennggunakan Fitur Find People by Location di Telegram (GadgetDiva)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Aplikasi pesan instan Telegram, belakangan mulai populer digunakan masyarakat. Saat WhatsApp down beberapa waktu lalu, Telegram dilaporkan mendapat lebih dari 70 juta pengguna baru.

Seperti halnya WhatsApp, Telegram juga memiliki fitur yang memungkinkan penggunanya terhubung dengan orang-orang terdekat atau kenalannya melalui nomor telepol yang terdaftar di Telegram.

Tidak hanya itu, Telegram juga memiliki fitur Find People by Location yang memungkinkan Anda terhubung dengan orang-orang di sekitar lokasi Anda. Pengguna pun tidak perlu mengetahui nomor telepon orang di sekitar Anda untuk dapat terhubung di Telegram.

Untuk melakukannya, Anda hanya perlu mengaktifkan info lokasi di smartphone, dan mengubah pengaturan Telegram. Caranya pun sangat mudah dan telah dirangkum tim VOI dalam artikel berikut ini.

Cara Mennggunakan Fitur Find People by Location di Telegram

Untu terhubung dengan orang-orang yang tinggal di sekitar Anda, pengguna dapat membuka aplikasi Telegram dan pilih ikon tiga garis yang ada di pojok kanan atas halaman utama Telegram.

Kemudian, pilih menu "Setting Akun" dan klik "Contacts". Untuk mencari akun Telegram lain yang berada di lokasi sekitar Anda, klik Add People Nearby.

Telegram akan menampilkan akun-akun Telegram lain yang berada di lokasi sekitar Anda. Gulir ke bawah, untuk melihat orang-orang yang memiliki Telegram, dan cari pengguna yang Anda kenal.

Selain kontak pribadi, Anda juga dapat melihat Grup Telegram yang ada di sekitar Anda. Setiap kontak atau grup akan diurutkan berdasarkan jarak lokasi terdekat dengan posisi Anda.

Jika sudah menemukan orang-orang atau grup yang Anda hubungkan dengan Telegram Anda, klik "Make Myself Visible" untuk bisa menampilkan akun Anda di fitur Add People Nearby.

Nantinya akun Anda akan terlihat oleh pengguna Telegram lain ketika mereka mencari akun-akun Telegram yang berada di lokasi sekitar mereka (pengguna Telegram lain). Anda juga dapat membuat grup lokal dengan memilih menu "Create a Local Group".

Sementara itu, jika Anda tidak ingin akun Anda muncul lagi akun Telegram orang-orang di sekitar, Anda dapat menonaktifkan fitur Find People by Location dengan klik "Stop Showing Me", sehingga akun Anda tidak akan muncul lagi di aplikasi Telegram orang-orang di sekitar Anda.

Demikianlah cara mengaktifkan fitur Find People by Location di Telegram untuk membuat Anda lebih mudah terhubung dengan orang-orang di sekitar tempat tinggal Anda, terutama para tetangga.