Fitur Baru Facebook Messenger dari <i>Screen Sharing</i> Sampai FaceID
Fitur baru yang ada di Facebook Messenger (dok. Facebook)

Bagikan:

JAKARTA - Tak ingin tertinggal dari kompetitornya, Facebook menambahkan pembaruan fitur pada platform-nya. Kali ini aplikasi besutan Mark Zuckerberg itu memungkinkan penggunanya berbagi layar saat sedang melakukan panggilan video. 

Sekilas fitur ini mirip dengan screen sharing yang dipopulerkan Zoom, di mana pengguna bisa meneruskan tampilan layar perangkatnya dalam tayangan teleconference. Dirangkum dari Engadget, layanan ini bisa digunakan pengguna Facebook Messenger pada perangkat iOS maupun Andorid.

"Kami tahu orang-orang mencoba untuk terus terhubung dan screen sharing merupakan fitur terbaru yang kami rilis untuk mendekatkan mereka," tutur Facebook di situs resminya, Jumat, 23 Juli.

Nantinya, fitur ini memungkinkan pengguna Facebook Messenger untuk berbagi layar dengan pengguna lainnya dalam Rooms, mulai dari galeri foto, situs online yang sedang dikunjungi, atau sama-sama menjelajah media sosial. 

Jika diakses melalui aplikasi mobile, pengguna dapat membagikan tampilan layar ke delapan peserta dalam panggilan video grup. Sedangkan jika mengakses lewat desktop via Messenger Room, fitur screen sharing mendukung hingga 16 peserta. 

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna harus terlebih dulu memperbarui aplikasi Facebook Messenger ke versi terkini. Besar kemungkinan, layanan ini juga akan diterapkan secara cross-platform pada WhatsApp dan Instagram.

Fitur keamanan baru ala FaceID (dok. Facebook)

Verifikasi Wajah

Facebook juga memperbarui sistem keamanan pada aplikasi Messenger miliknya. Kini pengguna Messenger di perangkat iOS memungkinkan dukungan keamanan tambahan berupa FaceID atau TouchID. 

Fitur keamanan bernama App Lock ini digelontorkan pada pengguna Messenger dalam update terbarunya. Fitur ini diberikan untuk menambah rasa aman pengguna saat bercakap-cakap menggunakan aplikasi tersebut.

Menurut Facebook, lewat fitur ini, pengguna memiliki lebih banyak opsi untuk menjaga privasi obrolan di Facebook Messenger. Apabila fitur App Lock diaktifkan, pengguna diharuskan untuk memasukkan data sidik jari atau verifikasi wajah yang telah didaftarkan. 

Sayangnya fitur keamanan ini baru tersedia untuk pengguna iOS. Rencananya Facebook juga akan merilis pembaruan sistem untuk pengguuna Android dalam beberapa bulan kedepan.