Menggalang Dana Kini Bisa Lewat Instagram
Ilustrasi Instagram (Image by USA-Reiseblogger from Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Instagram sedang menguji fitur penggalangan dana yang memungkinkan penggunanya untuk mengumpulkan donasi. Layanan ini bisa digunakan untuk tujuan pribadi maupun lainnya.  

Melansir dari Techcrunch, Instagram mulai menguji fitur ini secara terbatas untuk wilayah Amerika Serikat (AS), Inggris, dan Irlandia. Untuk menggalang dana melalui layanan Personal Fundraiser, pengguna Instagram bisa memilih tab 'add fundraiser', atau 'raise money'

Fitur ini mirip dengan stiker Live Donations yang sempat diluncurkan Instagram beberapa waktu lalu. Di mana siapa pun yang dapat menggunakan stiker donasi untuk menyumbang atau menggalang dana pribadi. 

Layanan penggalangan dana Instagram (dok. Instagram)

Pengumpulan dana ini akan bertahan di Instagram selama 30 hari sejak pengguna melakukan Instagram live dan bisa diperpanjang sesuai kebutuhan creatornya. Pembuat penggalangan dana ini harus berusia 19 tahun ke atas. 

Para donatur juga bisa memilih untuk mengungkap diri atau anonim, saat menymbangkan dananya. Instagram di bawah naungan Facebook ini mencatatkan, telah mengumpulkan donasi melalui Stickers for Stories dan Live Donations selama pandemi COVID-19. 

Sejatinya, fitur penggalangan dana ini telah menjadi kegiatan populer di seluruh platform Facebook. Sebagai contoh, pengguna telah mengumpulkan lebih dari 100 juta dolar AS untuk inisiatif dan pandemi COVID-19. 

Meski fitur ini memiliki dampak positif, namun Instagram belum menjelaskan kapan layanan ini akan disediakan bagi pengguna global. Termasuk apakah layanan ini akan dikenakan biaya atau digratiskan.