Berdonasi Jadi Lebih Mudah Lewat Fitur Baru Instagram
Ilustrasi Instagram (Image by USA-Reiseblogger from Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Instagram tak hentinya membantu orang dan pelaku bisnis yang terkena dampak COVID-19. Melalui fitur barunya Live Donations, para pengguna Instagram bisa membuka penggalangan dana dan disalurkan langsung ke organisasi yang dipilih.

"Banyak orang menghadapi tantangan saat ini, dan kami ingin melakukan bagian kami untuk mendukung organisasi nirlaba dan komunitas yang paling membutuhkannya. Sekarang, Anda dapat dengan mudah membuat penggalangan dana secara Live dengan 100 persen dari uang yang terkumpul langsung ke organisasi nirlaba pilihan Anda," tulis Instagram dalam keterangan resminya yang dihimpun dari TechCrunch, Rabu 29 April.

fitur live donation di Instagram (Twitter @Instagram)

Jangkauan donasi melalui fitur baru ini terbilang cukup luas, sebab Instagram telah bekerja di atas infrastruktur donasi Facebook. Sehingga ada lebih dari satu juta organisasi nirlaba dan banyak orang yang telah bergabung.

Untuk menggunakan fitur Live Donations, pengguna dapat mengetuk kamera di kiri atas laman Instagram atau cukup menggeser layar ke kiri. Kemudian, ketuk 'Live' di bagian bawah layar, pilih “Penggalang Dana” dan pilih organisasi nirlaba yang ingin didukung.

Selama live IG, pengguna bisa melihat secara langsung proses penggalangan dana secara real time. Pengguna juga dapat mengetuk 'Lihat' untuk melihat rincian lebih lanjut dari penggalangan, termasuk kontribusi individu, jika ingin memberi mereka ucapan terima kasih, pengguna bisa mengetuk “Wave."

Untuk pengguna yang telah melakukan penggalangan dana, memberikan sumbangan, atau menggunakan stiker "Sumbangan" dalam Story akan mendapatkan stiker gratis yang dibuat oleh ilustrator asal Brasjl @leonatsume.

Stiker tersebut dapat digunakan pada Story dalam meningkatkan kesadaran pengguna lain untuk ikut berpartisipasi galang dana. Nantinya, Story pengguna dengan stiker tersebut akan digabungkan menjadi Story bersama dengan orang lain yang diikuti, yang juga menyumbang, dan bisa ditemukan di baris depan di bilah beranda Story.

Instagram mengatakan telah melihat peningkatan penggunaan fitur Live selama pandemi yang mengalami kenaikan 70 persen karena pengguna beralih ke platform untuk menjadi menghibur mereka yang bosan di rumah dan memberikan informasi lainnya.

Platform media sosial adalah salah satu cara agar orang terhubung selama pandemi, bahkan platform IGTV Instagram yang sebelumnya menggelora melihat dorongan yang luar biasa dengan pengguna harian layanan naik 48 persen dari bulan ke bulan, dan pertengahan Maret hingga pertengahan April.

Diketahui sebelumnya, fitur baru Live Donations ini dirilis setelah TikTok meluncurkan fitur donasi yang berfungsi baik di feed video dan live stream-nya. Meski begitu Live Donations Instagram tentu berbeda dengan TikTok.

Pasalnya, TikTok hanya mendukung beberapa kegiatan amal saat peluncuran, sementara Facebook mengatakan fitur Live Donations di Instagram dapat digunakan untuk membuat penggalangan dana dengan lebih dari satu juta organisasi nirlaba.