Fitur Anyar Instagram Bisa Unggah Foto Lewat Komputer
Ilustrasi Instagram (Charles Deluvio/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Sejak diluncurkan pada tahun 2010, Instagram hanya menawarkan layanannya untuk smartphone saja. Memang pengguna sudah bisa mengaksesnya lewat laptop atau PC. Hanya saja fiturnya terbatas. Dan berdasarkan laporan terbaru, kondisi itu akan berubah.

Berdasarkan temuan pengembang dan analis aplikasi Alessandro Paluzzi, Instagram diketahui tengah mengembang fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengirimkan unggahan dari website desktop. Dalam gambar yang dibagikan lewat Twitter, Paluzzi mengungkapkan bagaiman bentuk tombol ‘+’ yang terletak di bagian navigasi.

Seperti proses mengunggah foto lewat HP, upload foto atau video lewat desktop juga terbagi dalam beberapa langkah. Dimulai dari memilih foto, mengatur ukuran foto, mengedit foto dengan filter, menambahkan caption, menautkan akun lain, menambahkan informasi lokasi, dan masih banyak lagi.

#Instagram is working on the ability to create posts from the desktop website 👀 pic.twitter.com/pATuOHiTGE

— Alessandro Paluzzi (@alex193a) May 14, 2021

Cara Posting Instagram Lewat Desktop

Hasil uji coba Paluzzi, ditemukan bahwa saat pengguna mengeklik tombol tersebut, akan muncul jendela baru di mana pengguna bisa mengunggah foto atau video. Tersedia pula fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengatur ukuran gambar. Terdiri atas pilihan Square (1:1), Portrait (4:5), dan Landscape (16:9).

Pada jendela selanjutnya, pengguna bisa memilih filter yang bisa diterapkan pada foto. Kemudian, akan muncul layar unggahan baru di mana pengguna bisa menambahkan caption, menautkan akun lain, menambahkan informasi lokasi, tagar, serta tombol posting.

Cara posting Instagram lewat desktop (Twitter @alex193a)

Masih Uji Coba Internal

Memang masih belum diketahui secara pasti jumlah pengguna yang mengakses Instagram lewat desktop. Tapi, bocoran ini, serta ditambah dengan penambahan fitur baru untuk Instagram versi desktop yang sudah diluncurkan sebelumnya, menekankan betapa versi ini mulai mendapatkan banyak pengguna.

Maka dari itu, bisa dibilang inilah fitur yang sudah lama dinantikan para pengguna Instagram yang terbiasa mengakses platform lewat desktop. Terutama Anda yang aktif menjadikan Instagram sebagai salah satu lini produktif untuk bisnis.

Hanya saja, Paluzzi mengingatkan bahwa fitur ini masih dalam proses uji coba internal. Artinya, sebenarnya masih terbatas untuk kalangan perusahaan saja.

Belum pasti pula apakah fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengunggah konten IG Stories, Reels, atau IGTV. Selain itu, masih belum bisa diperkirakan kapan perusahaan akan meluncurkan fitur ini.

Yang bisa dipastikan, bocoran ini mengisyaratkan kemudahan yang bakal diperoleh pengguna Instagram dan manajer media sosial. Mereka yang lebih terbiasa mengakses platform lewat desktop karena  kebutuhan produktif.