Instagram Uji Coba Fitur Penggalangan Dana Lewat DM dan Tagar
Instagram akan mulai menguji fitur yang memudahkan pengguna untuk melakukan penggalangan dana. (foto: dok. Instagram)

Bagikan:

JAKARTA - Instagram akan mulai menguji fitur yang memudahkan pengguna untuk melakukan penggalangan dana dan kegiatan sosial lainnya langsung di aplikasi.

"Hari ini, kami mulai menguji fitur baru yang membantu orang menemukan dan mendukung gerakan sosial di Instagram. Orang-orang sering datang ke Instagram untuk membuat suara mereka didengar, mengangkat tujuan, dan menyatukan komunitas," ungkap Instagram dalam blog resminya.

"Mereka bersemangat untuk mendukung tujuan yang mereka dengar di Instagram dan selalu mencari cara baru untuk mengambil tindakan, pembaruan ini akan mempermudah melakukannya," imbuhnya.

Pengguna akan melihat opsi untuk menyebarkan berita melalui pesan langsung (DM) atau memulai penggalangan dana untuk memberikan bantuan materi lewat tagar.

Uji coba ini difokuskan pada segelintir tagar yang terkait dengan tujuan sosial terkenal, termasuk #BlackLivesMatter, #climatecrisis, dan #womensrights.

Instagram mengatakan telah berkonsultasi dengan sekelompok organisasi terkait, seperti GLAAD dan NAACP, sebelum menetapkan daftar pertama ini.

Raksasa media sosial milik Meta itu juga akan berkolaborasi dengan pihak lainnya untuk memperluas jangkauan topik yang memenuhi syarat.

"Kami akan terus bekerja dengan organisasi dan pakar yang fokus pada gerakan dan kampanye yang berbeda juga, untuk membawa pengalaman ini ke lebih banyak topik di Instagram," ujar Instagram.

Mengutip Engadget, Selasa, 29 Maret, eksperimen ini tidak mengejutkan. Fitur seperti itu dapat mendorong lebih banyak orang untuk menggunakan fitur tagar dan DM dengan cara yang berbeda.

Pada gilirannya, ini bisa membuat pengguna tetap bertahan di Instagram dan mencegah mereka untuk pergi ke TikTok. Sebab, media sosial milik China itu juga memiliki Stiker Donasi yang telah lama menjadi pilihan bagi konten kreator untuk menggalang dukungan.