Instagram Hapus Tab Recent dari Halaman Tagar, Kenapa?
Sekarang pengguna Instagram tak lagi bisa menemukan tab Recent pada laman tagar. (foto:dok. Instagram)

Bagikan:

JAKARTA - Sekarang pengguna Instagram tak lagi bisa menemukan tab Recent pada laman tagar. Perusahaan beralasan melakukan ini agar dapat menampilkan konten yang lebih relevan kepada penggunanya.

Saat ini ketika pengguna memilih tagar, maka mereka akan dibawa ke laman penuh konten yang telah diunggah menggunakan tagar tersebut melalui tiga kategori, Top, Recent dan Reels.

Namun dengan perubahan ini, pengguna hanya akan melihat kategori Top dan Reels. Dari sini terlihat, bahwa Instagram sedang mencari cara untuk mempromosikan Reels, pesaing dari TikTok, sembari memunculkan unggahan yang menerima keterlibatan paling banyak di platform.

“Kami ingin melihat apakah ini membantu orang terhubung dengan konten yang lebih menarik dan relevan di tagar, sekaligus menjaga mereka tetap terkini,” ungkap Instagram.

Mungkin ini merupakan perubahan yang tidak diinginkan bagi sebagian pengguna, karena bisa saja mereka lebih menginginkan opsi untuk mengikuti konten yang lebih baru terkait dengan tagar.

Melansir TechCrunch, Rabu, 20 April, dikatakan Instagram, pembaruan ini merupakan upaya untuk membuat tagar seberharga mungkin bagi penggunanya. Meski begitu, penghapusan tab Recent masih dalam tahap uji coba.

Langkah ini dilakukan beberapa minggu setelah Instagram mulai menguji fitur baru yang bertujuan untuk memudahkan pengguna menemukan dan mendukung tujuan sosial secara langsung melalui tagar.

Sekarang, ketika pengguna mencari tagar tertentu yang terkait dengan gerakan sosial tertentu, pengguna akan memiliki opsi untuk mendukungnya melalui opsi baru.

Setelah pengguna masuk ke halaman tagar, mereka dapat memilih Support untuk mempelajari lebih lanjut tentang gerakan tersebut. Ada juga tombol “Spread the Word” yang memungkinkan pengguna berbagi halaman tagar dengan teman-teman melalui DM.