Beda dari yang Lain, Wali Kota Makassar Danny Pomanto Main Bola Galang Dana Buat Palestina
Wali Kota Makassar Danny Pomanto (Instagram dpramdhanpomanto)

Bagikan:

MAKASSAR - Beragam cara dilakukan untuk menunjukkan kepedulian terhadap Palestina yang diserang Israel. Ada yang berdemonstrasi, ada yang menggalang dana ke jalan-jalan.

Tapi berbeda dengan yang dilakukan Wali Kota Makassar M Ramdhan Pomanto atau akrab disapa Danny Pomanto. Galang dana untuk Palestina dilakukan lewat pertandingan sepak bola. 

“Sejak terjadinya serangan dari Israel ke Palestina. Hampir semua kalangan ikut membela. Dari turun aksi hingga tak sedikitpun menggalang dana untuk disumbangkan ke rakyat Palestina,” kata Danny Pomanto, Minggu, 23 Mei. 

“Sore tadi saya berpartisipasi dalam aksi laga amal yang dikemas dalam pertandingan sepak bola dengan para pemain PSM. Aksi ini diprakarsai oleh ustads Fakhurrasi,” sambungnya.

Acara bertajuk “Menjalin Silaturahmi dalam laga amal Lewat Sepakbola” ini dimaksudkan sebagai wujud kepedulian dan solidaritas untuk  Palestina.

Danny Pomanto mengungkapkan aksi ini sebagai bentuk nyata dalam membela Palestina, membela keadilan dan bersatu untuk Palestina.

“Banyak tokoh yang hadir hari ini meluangkan waktunya untuk menyukseskan aksi ini. Ini bukti kami cinta Palestina. Kami melawan ketidak adilan yang dilakukan Israel.

Semoga apa yang kita lakukan ini menjadi amal jariyah kita semua dan semoga duka Palestina bisa segera berakhir,” tutur Danny Pomanto.

Turut ikut serta dalam aksi amal ini yaitu Ustadz Fakhurrasi, Ustad Dasad Latief, CEO PSM Munafri Arifuddin serta beberapa pemain PSM.

Wali Kota Makassar Danny Pomanto (Instagram dpramdhanpomanto)

 

Diberitakan sebelumnya, Israel dan militan Hamas menyepakati gencatan senjata, setelah 11 hari bertempur dan menyebabkan ratusan korban tewas dan ribuan lainnya luka-luka. 

Kesepakatan damai kedua belah pihak diapresiasi oleh Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, sekaligus menyampaikan belasungkawa terhadap semua korban kekerasan. 

"Saya menyambut gencatan senjata antara Gaza dan Israel, setelah 11 hari permusuhan mematikan. Saya juga menyampaikan belasungkawa terdalamnya kepada semua korban kekerasan dan orang yang mereka cintai, di seluruh Israel dan wilayah Palestina yang diduduki," ujar Antonio Guterres melansir news.un.org.

Guterres mengatakan, penting bagi komunitas internasional yang lebih luas untuk bekerja dengan PBB, mengembangkan paket dukungan yang terintegrasi dan kuat untuk rekonstruksi dan pemulihan yang cepat dan berkelanjutan untuk mendukung rakyat Palestina.

"Saya memuji Mesir dan Qatar atas upaya yang dilakukan, dalam koordinasi yang erat dengan PBB, untuk membantu memulihkan ketenangan di Gaza dan Israel," tukasnya sambil menyerukan semua pihak untuk mengamati gencatan senjata.

Guterres menegaskan, para pemimpin di Palestina dan Israel memiliki tanggung jawab, untuk menjaga pemulihan ketenangan, memulai dialog serius untuk mengatasi akar penyebab konflik.