Sudah Dapat Jaringan 5G? Coba Test Kecepatannya Lewat 5 Aplikasi Ini!
Seberapa cepat dan lancar jaringan 5G yang berada di wilayah Anda? (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Indonesia telah memasuki era 5G saat ini. Meski belum menyeluruh, tetapi beberapa wilayah sudah dapat menikmati jaringan baru  super cepat ini. Namun, apakah itu benar terbukti cepat?

Bagi Anda yang penasaran, seberapa cepat dan lancar jaringan 5G yang berada di wilayah Anda, itu bisa dibuktikan dengan mengujinya pada aplikasi berikut ini yang VOI rangkum dari Digital Trends, Kamis, 14 Oktober. Perlu dicatat, aplikasi ini bisa Anda gunakan di Android dan iOS, ya!

  1. Meteor OpenSignal

Salah satu aplikasi pengujian koneksi 5G terbaik dimiliki Meteor milik OpenSignal. Punya tema yang cukup nyaman untuk mata Anda, aplikasi ini memiliki seperangkat alat canggih yang mendukungnya. Tidak terlalu rumit, aplikasi ini bisa Anda gunakan dengan mudah.

Anda akan disajikan mengenai kecepatan unduh, unggah, dan ping pada jaringan 5G yang berada di dekat Anda, tetapi yang terpenting, ini juga akan memberi Anda rincian tentang bagaimana koneksi 5G Anda akan berfungsi di berbagai aplikasi, termasuk YouTube, Slack, dan Netflix.

Menariknya, Anda dapat mengikuti tes di lokasi yang berbeda dan membandingkan kecepatan Anda di sub-menu Maps. Pada menu Maps, itu hanya menunjukkan kecepatan koneksi Anda, dan tidak ada rincian di mana Anda akan menemukan lokasi jaringan 5G, tetapi jika Anda ingin tahu bagaimana koneksi 5G Anda akan menangani aplikasi yang berbeda, ini adalah alat yang hebat.

  1. Speedtest

Siapa yang tak kenal aplikasi ini? Tidak sedikit orang menguji jaringan mereka dengan Speedtest karena terbukti cukup akurat. Speedtest yang dibesut Ookla juga memiliki aplikasi yang sangat mudah untuk menguji, Anda hanya perlu menekan tombol untuk memulai.

Namun, yang lebih menarik dari aplikasi ini, data akan muncul setelah Anda mengujinya. Jika Anda memberikan izin aplikasi untuk mengakses data lokasi Anda lebih sering, dan Anda akan membantu berkontribusi pada peta data yang sangat besar.

Akses sub-menu Maps, dan Anda akan dapat melihat di mana Anda dapat mengakses 5G, LTE, dan koneksi lainnya di jaringan yang berbeda. Ini sangat berguna jika Anda ingin mencoba koneksi 5G baru Anda. Ada juga VPN yang terpasang di dalam aplikasi, sehingga Anda dapat menyimpan data dengan aman saat bepergian.

  1. Nperf Speed Test

Aplikasi yang tampak paling mewah ini diklaim jugs cukup akurat. Tidak hanya akan menguji kecepatan kestabilan jaringan Anda, tetapi juga akan mengakses berbagai situs web dan streaming video untuk benar-benar menguji koneksi Anda.

Anda juga akan mendapatkan skor 100 pada kekuatan penelusuran dan streaming koneksi Anda. Dengan demikian, ini adalah perangkat yang sangat lengkap, bahkan tanpa menyebutkan data yang memungkinkan Anda melihat di mana koneksi 5G dan LTE berada di dekat Anda, dengan peta yang berbeda untuk operator yang berbeda.

  1. Network Analyzer

Jika Anda ingin lebih mendalami statistik koneksi Anda, maka cobalah Network Analyzer. Tersedia untuk iOS dan Android, ini menyediakan semua informasi yang mungkin Anda butuhkan. Anda akan dapat melihat kekuatan sinyal Anda, berbagai alamat Anda, jenis koneksi, dan banyak lagi.

Terdapat pula alat untuk melakukan ping ke situs web, sehingga Anda dapat melihat kekuatan ping Anda secara real time. Namun, Anda hanya akan mendapatkan versi lite dari alat ini secara gratis, sedangkan versi Pro nya Anda harus merogoh kocek 4 dolar AS.

  1. Cell Tower Location

Jika Anda benar-benar ingin mengetahui secara mendalam tentang menara seluler mana yang Anda sambungkan, cobalah gunakan aplikasi Cell Tower Location. Ini akan membutuhkan beberapa izin untuk bekerja, tetapi begitu berjalan, aplikasi itu akan segera membawa Anda ke peta dan menunjukkan dengan tepat di mana menara terdekat Anda dan seberapa jauh Anda berada, dengan tingkat akurasi yang cukup tinggi.

Penggunaannya terbatas kecuali Anda masuk ke pengujian jaringan, tetapi tetap menyenangkan untuk mengetahui di mana lokasi jaringan 5G Anda berada. Sayangnya, ini hanya tersedia di Android, karena iOS tidak mendukung alat seperti ini.