Atasi Perubahan Iklim, California Mulai Larang Penjualan Alat Bertenaga Gas Pada 2024
California memasukkan standar emisi untuk mesin tersebut pada tahun 1990. (foto : dok. Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Perubahan iklim telah menjadi perhatian orang di seluruh dunia, termasuk California, Amerika Serikat (AS). Di negara bagian tersebut, pemerintah setempat telah melarang penjualan alat dengan mesin yang bertenaga gas untuk mengurangi emisi.

Langkah ini tertuang dalam Undang-Undang (UU) yang telah ditandatangani oleh Gubernur California, Gavin Newsom. UU itu berisi memerintahkan regulator untuk melarang penjualan mesin off-road kecil. Beberapa alat tersebut meliputi peralatan pemotong rumput, generator dan mesin cuci bertekanan.

Tujuan dari UU tersebut adalah untuk mengurangi emisi. California memasukkan standar emisi untuk mesin tersebut pada tahun 1990. Meskipun emisi dari mobil saat ini telah menurun selama beberapa dekade terakhir, itu belum tentu berlaku untuk mesin off-road kecil.

Pejabat negara menyatakan bahwa pemotong rumput yang bertenaga gas dan digunakan selama satu jam memancarkan tingkat polusi yang sama dengan Toyota Camry 2017 yang menempuh jarak sekitar 1.100 mil.

Saat ini ada lebih dari 16,7 juta perangkat dengan mesin off-road kecil di California. Selama ini, California memang sedang menangani emisi dari mesin bertenaga gas di bidang lain.

Tahun lalu misalnya, Dewan Sumber Daya Udara California mengungkapkan semua produsen truk dan van harus beralih ke model listrik pada 2045. Negara juga akan melarang penjualan mobil dan truk mesin pembakaran baru pada 2035. Banyak produsen mobil bertujuan untuk beralih sepenuhnya ke EV pada saat itu. Aturan nol-emisi lainnya untuk kendaraan otonom ringan akan berlaku mulai 2030.

Saat ini, sudah ada beberapa mesin cuci yang mengadopsi listrik sebagai tenaga, begitupun mesin pemotong rumput di pasaran. Sedangkan, generator nol-emisi mungkin lebih sulit didapat, meskipun beberapa perusahaan juga mencoba membuat model bertenaga hidrogen.

Dengan adanya keputusan ini, Newsom telah memberikan tenggat waktu kepada Dewan Sumber Daya Udara California untuk mengadopsi dan menerapkan peraturan tersebut. Mereka memiliki waktu hingga 1 Juli untuk mengadopsi aturan tersebut.

Menurut laporan Engadget, Selasa, 12 Oktober, peraturan akan berlaku untuk mesin yang dibuat pada atau setelah 1 Januari 2024. UU tersebut juga menetapkan bahwa regulator perlu menawarkan potongan harga untuk menurunkan biaya peralatan switching. Di mana negara juga telah menyiapkan 30 juta dolar AS untuk menutupi biaya.