Youtube Hapus Saluran Pomp karena Buat Konten Berbahaya, Tapi Tak Lama Dipulihkan Lagi
Saluran Anthony 'Pomp' Pompliano yang memiliki subscribers 251.000 di Youtube. (foto: twitter)

Bagikan:

JAKARTA - Platform video YouTube menghapus saluran Anthony 'Pomp' Pompliano yang memiliki subscribers 251.000. Ia adalah salah satu pendiri Morgan Creek Digital dan pembawa acara The Pomp Podcast., Namun Youtube akhirnya memulihkan kembali akun Pomp.

Dalam pembaruan 11 Oktober di akun Twitter-nya, Pompliano – banteng Bitcoin (BTC) yang dikenal karena wawancaranya mendidik skeptis dan lainnya tentang crypto – mengatakan dia menerima pesan dari YouTube yang mengklaim wawancara langsung baru-baru ini dengan pencipta model stock-to-flow PlanB mendorong “kegiatan ilegal.” Seluruh saluran Pompliano tidak tersedia selama kira-kira dua jam sebelum dikembalikan ke platform, dengan semua video di BTC dan crypto dapat dilihat oleh publik.

“[YouTube] pertama kali menyatakan bahwa konten, wawancara di Bitcoin, berbahaya dan berbahaya,” kata Pomp. “Mereka kemudian menyatakan bahwa kami akan menerima teguran, tetapi kemudian saya menerima email kedua yang mengatakan bahwa saluran itu dihapus beberapa detik kemudian.”

Menurut Pomp, dia tidak menerima "teguran" — pelanggaran pedoman komunitas YouTube; tiga teguran dalam waktu 90 hari yang dapat mengakibatkan saluran dihapus secara permanen — dan video tersebut tampaknya tidak memiliki konten yang meragukan atau sebaliknya.

Namun, pedoman platform menyatakan bahwa ia memiliki hak untuk menghapus saluran untuk “satu kasus penyalahgunaan berat” atau untuk akun yang didedikasikan untuk konten termasuk ujaran kebencian, pelecehan, atau peniruan identitas.

YouTube sebelumnya menargetkan konten terkait crypto di platform, dengan algoritmenya melabeli video di BTC dan cryptocurrency lainnya sebagai “konten berbahaya,” dan membiarkan pengulas menilai alasan apa pun untuk mengajukan banding.

Dalam kasus Pomp, ia dapat menarik perhatian tim dukungan YouTube di Twitter dalam hitungan menit — kemungkinan karena 1,1 juta pengikut dan akun terverifikasinya. Namun, pembuat konten crypto lainnya telah melaporkan untuk menunggu beberapa hari setelah saluran mereka dihentikan dengan cara yang sama.

Penghapusan akun pemain utama yang tampaknya sewenang-wenang di ruang crypto menyoroti bahaya mengandalkan platform terpusat seperti YouTube. Pekan lalu, Facebook, Instagram, dan WhatsApp offline selama sekitar enam jam, kemungkinan mengganggu keterlibatan komunitas di sekitar proyek crypto dan blockchain.

Selain itu, YouTube menjadi pusat perhatian karena berupaya membersihkan video terkait misinformasi kesehatan seputar pandemi COVID-19. Pada bulan Agustus, platform tersebut mengatakan telah menghapus lebih dari satu juta video "terkait dengan informasi virus corona berbahaya" sejak Februari 2020.

Seiring ledakan NFT yang terus menjembatani kesenjangan antara olahraga dan hiburan digital, pasar NFT menawarkan landasan baru untuk inovasi.

Sorare, pasar untuk kartu perdagangan NFT, mencapai penilaian  4,3 miliar dolar AS setelah mengumpulkan 680 juta dolar AS dalam pendanaan Seri B yang dipimpin oleh raksasa fintech Jepang SoftBank. Seperti yang dilaporkan Cointelegraph, perusahaan berencana untuk menggunakan dana ini untuk “secara signifikan mempercepat pengembangan olahraga wanita.”

Selain itu, Sorare juga telah mendapatkan kemitraan dengan liga sepak bola La Liga dan berencana untuk bergabung dengan tim sepak bola papan atas untuk mendiversifikasi penawaran portofolio berbasis NFT ke olahraga fantasi lainnya.