Nintendo Bantah Rumor Garap Versi 4K Switch, Tetapi Tak Menutup Kemungkinan Bisa Tertarik
Nintendo Switch - Model OLED, yang akan diluncurkan pada 8 Oktober 2021. (foto: unpslash)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah beberapa waktu lalu dilaporkan akan merilis Nintendo Switch 4K, perusahaan dengan tegas membantah bahwa mereka tidak berencana untuk meluncurkan produk versi tersebut.

Sebelumnya, Bloomberg mengklaim beberapa pengembang sedang mengerjakan gim untuk perangkat semacam itu. Setidaknya 11 perusahaan telah diberikan alat untuk membuat judul 4K Switch, termasuk beberapa studio yang belum pernah membuat gim konsol sebelumnya.

"Sebuah laporan berita pada 30 September 2021 secara keliru mengklaim bahwa Nintendo memasok alat untuk mendorong pengembangan gim untuk Nintendo Switch dengan dukungan 4K. Untuk memastikan pemahaman yang benar di antara investor dan pelanggan kami, kami ingin mengklarifikasi bahwa laporan ini tidak benar," ungkap Nintendo.

Mengutip Game Developer, Jumat, 1 Oktober, satu-satunya model Switch baru yang sedang dikerjakan adalah versi OLED yang diumumkan secara resmi, dan meluncur pada 8 Oktober.

"Kami juga ingin menyatakan kembali bahwa, seperti yang kami umumkan pada bulan Juli, kami tidak memiliki rencana untuk model baru selain Nintendo Switch - Model OLED, yang akan diluncurkan pada 8 Oktober 2021," tegas Nintendo.

Namun, dilihat dari seberapa cepat Nintendo merespons situasi tersebut, tampaknya raksasa gim yang berbasis di Jepang itu ingin meredam rumor 4K Switch sebelum mereka benar-benar tertarik menggarap Switch versi ini.

Tetapi sebelum OLED Switch secara resmi diluncurkan, beberapa laporan muncul di mana Nintendo sedang mengerjakan Switch yang menampilkan teknologi rendering berbasis AI, Nvidia Deep Learning Super Sampling, dukungan 4K, dan layar OLED yang lebih besar.

Seseorang yang akrab dengan rencana perangkat keras Nintendo juga mengatakan, perusahaan memutuskan untuk mengesampingkan dukungan 4K karena krisis chip yang sedang berlangsung.

Sejak Bloomberg menerbitkan artikelnya, Zynga, yang merupakan salah satu studio yang disebutkan dalam laporan tersebut, secara resmi membantah memiliki kit pengembangan 4K.

Meskipun ada kemungkinan bahwa Nintendo akan mengerjakan perangkat baru lagi, kemungkinan besar hal itu adalah 4K Switch. Ini bisa menjadi konsol baru sepenuhnya mungkin Switch Pro, seperti Seri X dan PS5, tetapi itu tidak akan menjadi varian dari perangkat generasi saat ini.