Honda Bakal Gunakan OS Android Automotive Google pada 2022
Honda akan segera meluncurkan kendaraan dengan OS Android Automotive. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Fitur Android Auto Google baru saja mendapatkan sejumlah peningkatan, termasuk perusahaan akan menyematkan sistem operasi Android Automotive ke lebih banyak mobil, dan untuk pertama kalinya Honda masuk ke dalam daftar.

Honda akan segera meluncurkan kendaraan dengan OS Android Automotive yang disematkan Google, mencakup Google Assistant, Google Maps, dan aplikasi Android lainnya yang disetujui sistem operasi sebagai infotainment default.

Kendaraan Honda pertama dengan Android tertanam akan mulai diluncurkan pada 2022. Produsen mobil Jepang itu tidak mengatakan model mana yang diharapkan untuk mendapatkan sistem infotainment baru terlebih dahulu.

“Kami akan berkolaborasi dengan Google untuk lebih mengintegrasikan layanan dalam kendaraan Google di kendaraan kami termasuk kemampuan untuk menggunakan fitur-fitur seperti Asisten Google, fungsionalitas Google Maps, dan aplikasi dalam kendaraan lainnya yang ditawarkan melalui Google Play dengan lebih mudah,” kata juru bicara Honda seperti dikutip dari The Verge, Jumat, 24 September.

Saat ini, OS Android Automotive telah terintegrasi dengan mobil Ford, GM, dan Volvo tertentu, bersiaplah untuk melihatnya dalam banyak merek dan model baru, seperti Chevy Silverado dan Renault Mégane E-Tech.

Perlu dicatat, Android Automotive berbeda dari Android Auto. Di mana Android Automotive adalah sistem infotainment default mobil, mengendalikan segala sesuatu mulai dari musik, navigasi hingga pemanas dan pendingin udara, sedangkan Android Auto diproyeksikan dari smartphone ke tampilan dasbor mobil dan berfungsi sebagai pesaing CarPlay Apple.

Diketahui dari Engadget, Google memperkenalkan aplikasi Android Auto pada 2015, memungkinkan pengemudi menjalankan koneksi tertambat antara ponsel cerdas mereka dan sistem stereo kendaraan mereka untuk memutar musik dari perangkat, membuat petunjuk arah belokan demi belokan Maps dibaca dengan keras, dan menerima panggilan melalui suara.

Dalam enam tahun sejak itu, Android Auto dan sistem infotainment yang mereka operasikan menjadi jauh lebih pintar. Meskipun Android Auto telah dirancang untuk meminimalkan gangguan pada pengemudi saat di jalan, pada awalnya menghubungkan ponsel ke infotainment atau sistem stereo hingga saat ini sudah menjadi segalanya.

Pengguna harus memastikan radio Bluetooth aktif di ponsel, lalu membujuk kendaraan untuk mengenali dan memasangkannya dengan perangkat, kemudian mengingat berbagai perintah lisan untuk mendorong Android Auto melakukan apa yang pengguna inginkan. Tetapi dengan pembaruan yang datang, kini pengemudi akan segera dapat mengotomatiskan proses tethering secara efektif hanya dengan mengatakan "Hai Google, ayo berkendara."

Terlebih lagi, Google telah mendesain ulang Auto UI untuk memungkinkan akses ke sekumpulan sumber konten termasuk Amazon Music, Audible, iHeartRadio, JioSaavn, Pandora, Podcast Addict, SoundCloud, dan YouTube Music dengan aksesibilitas satu ketukan serta sistem membaca pesan teks dan memungkinkan pengemudi untuk merespons dengan suara.

Fitur-fitur baru ini akan tiba selama beberapa minggu ke depan di pasar berbahasa Inggris serta Jerman, Spanyol, Meksiko, Prancis, dan Italia. Dan untuk pelancong internasional yang menggunakan ponsel dual-SIM, Android Auto akan memungkinkan pengguna membuat profil Work dan Private yang terpisah serta menampilkan daftar kontak dan janji temu di kalender, bergantung pada kapan dan mengapa mereka berada di belakang kemudi.

Untuk kendaraan dengan tampilan dalam mobil, Android Auto (versi mirroring, bukan yang ditemukan di Polestar 2 atau XC40 Recharge) akan segera menghadirkan beberapa fitur baru, seperti gim.

Google bermitra dengan GameSnacks untuk menawarkan kepada pengemudi yang dimainkan saat kendaraan diparkir. Google juga membuat pembayaran pengisian bahan bakar menjadi lebih mudah. Cukup ucapkan “Ok Google, bayar bensin” nantinya sistem infotainment kendaraan akan menyelesaikan pembayaran nirsentuh dengan Google Pay.