Bagikan:

JAKARTA - Pembuat kendaraan listrik Tesla Inc akan bekerja sama dengan regulator global untuk memastikan keamanan data. Hal ini diterangkan oleh Direktur Eksekutif Elon Musk dalam Kongres Kendaraan Energi Baru Dunia di China pada Jumat, 17 September.

"Dengan pesatnya pertumbuhan teknologi mengemudi otonom, keamanan data kendaraan menarik lebih banyak perhatian publik daripada sebelumnya," kata Musk dalam pidato video. Ia juga menambahkan keamanan data bukan hanya tanggung jawab satu perusahaan.

Ia menyebutkan jika Tesla, akan terus berusaha terus melindungi data yang dihasilkan mobil dan pemiliknya akan tetap terlindungi dengan aman.

Mobil masa kini telah dilengkapi dengan sensor dan kamera yang terus meningkat untuk membantu pengemudi. Tetapi data yang dihasilkan peralatan tersebut juga dapat digunakan oleh produsen untuk mengembangkan teknologi baru, seperti sistem mengemudi otonom, meningkatkan masalah privasi dan keamanan, terutama ketika informasi tersebut dikirim ke luar negeri.

Pembuat mobil di China diharuskan menyimpan data yang dihasilkan oleh kendaraan secara lokal dan perlu mendapatkan persetujuan peraturan ketika mereka perlu mengekspor data penting ke luar negeri.

Tesla, yang membuat kendaraan di Shanghai, sedang dalam pengawasan di China atas penyimpanan dan penanganan data pelanggannya.