Mars Pernah Alami Letusan Gunung Berapi, Hasilkan Lava yang Bisa Isi 400 Kolam Renang Olimpiade
Penampakan salah satu Kaldera di Planet Mars. (foto: dok. NASA)

Bagikan:

JAKARTA - Para ilmuwan Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menemukan bukti bahwa wilayah Mars utara yang disebut Arabia Terra pernah mengalami ribuan erupsi super atau letusan gunung berapi terbesar yang diketahui, selama periode 500 juta tahun.

Bukti tersebut menunjukkan, letusan itu mampu mengubah iklim Planet Merah selama beberapa dekade setelahnya. Ledakan terjadi selama 500 juta tahun. Para ilmuwan melaporkan perkiraan ini dalam sebuah makalah yang diterbitkan dalam jurnal Geophysical Research Letters pada Juli 2021.

"Setiap letusan ini akan memiliki dampak iklim yang signifikan mungkin gas yang dilepaskan membuat atmosfer lebih tebal atau menghalangi Matahari dan membuat atmosfer lebih dingin. Pemodel iklim Mars akan memiliki beberapa pekerjaan yang harus dilakukan untuk mencoba memahami dampak gunung berapi," ungkap ahli sekaligus pemimpin analisis Arabia Terra, Patrick Whelley seperti dikutip dari Slashgear, Kamis, 16 September.

Untuk membantu menempatkannya ke dalam perspektif publik, peneliti NASA mengatakan jumlah gas dan lava yang dihasilkan oleh salah satu letusan ini akan cukup besar untuk mengisi 400 kolam renang ukuran Olimpiade.

Jumlah besar abu yang dihasilkan akan menghapus Matahari selama rentang ribuan mil. Letusan ini meninggalkan kaldera, yang merupakan lubang besar di mana gunung berapi yang baru meletus runtuh. Kaldera serupa dapat ditemukan di berbagai tempat di Bumi.

NASA mencatat beberapa kaldera ini di wilayah Arabia Terra di Mars, mengisyaratkan letusan kuno dan dampaknya yang mendalam di Planet Merah. Berdasarkan penelitian sebelumnya, para ilmuwan dapat menemukan bukti abu yang dihasilkan dari letusan.

Ketebalan abu membantu menunjukkan dengan tepat berapa banyak ledakan kuno ini yang mungkin terjadi, dengan angka ribuan. Ledakan besar terakhir terjadi sekitar 4 miliar tahun yang lalu.

Ilmuwan juga menggunakan gambar dari Compact Reconnaissance Imaging Spectrometer MRO Mars untuk mengidentifikasi mineral di permukaan kawah. Melihat di dinding ngarai dan kawah dari ratusan hingga ribuan mil dari kaldera, di mana abu akan dibawa oleh angin, mereka mengidentifikasi mineral vulkanik yang berubah menjadi tanah liat oleh air, termasuk montmorillonit, imogolite, dan alofan.

Kemudian, mereka menggunakan gambar dari kamera MRO, tim membuat peta topografi tiga dimensi Arabia Terra. Dengan meletakkan data mineral di atas peta topografi ngarai dan kawah yang dianalisis, para peneliti dapat melihat dalam deposit yang kaya mineral bahwa lapisan abu terawetkan dengan sangat baik.

"Saat itulah saya menyadari ini bukan kebetulan, ini adalah sinyal nyata. Kami benar-benar melihat apa yang diprediksi dan itu adalah momen paling menarik bagi saya," ujar ahli geologi di NASA Goddard yang bekerja dengan Whelley, Jacob Richardson.

Sejauh ini, NASA baru menemukan bukti letusan gunung berapi super di Arabia Terra. NASA menjelaskan bahwa jenis gunung berapi lain juga terletak di Planet Merah, termasuk gunung berapi perisai besar yang disebut Olympus Mons yang memiliki volume 100 kali gunung berapi terbaru di Bumi. Saat ini masih belum jelas mengapa begitu banyak gunung berapi super berkerumun di satu wilayah tertentu di Mars ini.