Uni Eropa Bentuk Ekosistem Pembuatan Chip Baru untuk Kurangi Ketergantungan dari Asia dan AS
Presiden Komisi UE, Ursula von der Leyen. (foto: instagram)

Bagikan:

JAKARTA  - Komisi Eropa mengumumkan rencana mereka pada Rabu, 15 September untuk menciptakan  "ekosistem" pembuatan chip baru, guna menjaga Uni Eropa yang kompetitif dan mandiri setelah munculnya kekurangan semikonduktor global. Mereka menganggap berbahaya jika hanya mengandalkan pemasok dari Asia dan AS.

Amerika Serikat tahun lalu mengumumkan CHIPS for America Act yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuannya bersaing dengan teknologi China.

"Digital adalah masalah yang membuat-atau-menghancurkan," kata Presiden Komisi UE, Ursula von der Leyen, dalam pidato kebijakan di Parlemen Eropa di Strasbourg, Rabu, 15 September.

"Kami akan menghadirkan European Chips Act yang baru. Tujuannya adalah untuk bersama-sama menciptakan ekosistem chip Eropa yang canggih, termasuk untuk produksi. Itu memastikan keamanan pasokan kami dan akan mengembangkan pasar baru untuk teknologi Eropa yang inovatif," ucapnya.

Komisaris Industri, Thierry Breton, mengatakan chip lebih dari sekadar komponen kunci untuk pembuat mobil, pembuat smartphone, dan pemain video game.

"Perlombaan untuk chip paling canggih adalah perlombaan tentang kepemimpinan teknologi dan industri," tulisnya dalam sebuah posting blog.

Breton mengatakan Undang-Undang Chip Eropa akan mencakup penelitian, kapasitas produksi dan kerja sama internasional, dan bahwa blok tersebut harus mempertimbangkan untuk mendirikan Dana Semikonduktor Eropa secara khusus.

Kekurangan semikonduktor telah menimbulkan salah satu risiko terbesar bagi kebangkitan UE dari dampak pandemi COVID-19. Komisi UE tahun lalu mengumumkan rencana untuk menginvestasikan seperlima dari dana pemulihan COVID-19 senilai 750 miliar euro dalam proyek-proyek digital.

Von der Leyen menyesalkan ketergantungan UE pada chip buatan Asia dan berkurangnya bagiannya dalam rantai pasokan, mulai dari desain hingga kapasitas produksi.

Namun, rintangan untuk membangun kemampuan chip Eropa termasuk mendapatkan akses ke mineral tanah yang langka di luar blok dan keengganan oleh perusahaan untuk melakukan investasi besar-besaran kecuali mereka dapat menjalankan pabrik dengan kapasitas penuh untuk meningkatkan pengembalian.