Cara Menonaktifkan Kecerahan Layar Otomatis di Android
Cara menonaktifkan kecerahan otomatis di Android (Makeuseof)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Selama beberapa tahun terakhir, smartphone menjadi produk yang benar-benar cerdas. Perangkat teknologi ini mampu menilai lingkungan untuk kemudian menyesuaikannya dengan kebutuhan pengguna. Salah satu fitur canggih pada smartphone yakni kecerahan layar otomatis.

Fitur ini memungkinkan ponsel utuk menyesuaikan Brightness atau kecerahan layar berdasarkan kondisi cahaya di lingkungan sekitar perangkat. Saat perangkat berada di dalam ruangan yang redup, maka kecerahan akan diturunkan. Begitu pula sebaliknya.

Memang, ada banyak keuntungan yang diberikan fitur ini. Lengkap dengan beberapa kelemahan. Salah satunya adalah konsumsi baterai jadi lebih tinggi. Ya, baterai ponsel jadi boros dan mudah panas.

Pasalnya, fitur otomatis membuat sistem bekerja secara terus menerus. Kinerja tanpa henti itu pula yang membuat sistem menghabiskan daya lebih besar. Bahkan, jauh lebih besar ketimbang saat kecerahan layar diatur secara manual.

Oleh karena itu, sebagian besar pengguna ponsel Android lebih memilih untuk menonaktifkan fitur kecerahan layar otomatis. Karena bisa bikin baterai ponsel lebih irit dan tak mudah panas.

Cara Mematikan Fitur Kecerahan Layar Otomatis

Fitur ini terdapat pada hampir seluruh ponsel Android. Anda bisa menemukannya dalam menu drop-down yang muncul ketika membuka jendela pemberitahuan. Jenis menu yang muncul saat Anda mengusap layar dari atas ke bawah.

Di dalam jendela menu, fitur ini digambarkan dalam ikon cahaya atau matahari. Dan sekadar informasi, beberapa perangkat lebih memilih untuk pakai istilah Adaptive brightness ketimbang Auto-brightness.

Sedangkan untuk cara menonaktifkan kecerahan layar otomatis, Anda bisa mengikuti uraian langkah-langkah di bawah:

  1. Buka aplikasi Pengaturan
  2. Ketuk menu Display atau Tampilan
  3. Selanjutnya, geser toogle yang terletak di samping menu Kecerahan Otomatis untuk mematikannya.

Pada beberapa jenis perangkat yang dibekali UI berbeda, Anda bisa menemukan pengaturan Kecerahan Otomatis di lokasi yang berbeda pula. Biasanya, Anda bisa mengakses dengan mengklik menu Tampilan > Tingkat Kecerahan > lalu klik Kecerahan Otomatis.

Nah, itulah beberapa cara menonaktifkan kecerahan otomatis di Android yang bisa Anda ikuti. Semoga uraian langkah-langkah di atas bisa membantu Anda untuk membuat baterai lebih irit dan tahan lama.