Pertanian Seluler Berpotensi Mengancam Petani Kecil, Simak Penjelasannya
Pertanian seluler, saat ini lebih banyak diakses perusahaan besar. (foto; pinduoduo)

Bagikan:

JAKARTA - Pengembangan pertanian seluler seperti makanan yang ditanam di pabrik dari sel atau ragi, memiliki potensi untuk mempercepat ketimpangan sosial ekonomi atau memberikan alternatif yang menguntungkan bagi status quo.

Itulah kesimpulan dari studi baru yang dipimpin oleh peneliti Penn State. Mereka menilai teknologi baru yang mensinergikan ilmu komputer, biofarmasi, rekayasa jaringan, dan ilmu makanan untuk menumbuhkan produk daging, susu, dan telur yang dibudidayakan dari sel hewan dan/atau secara genetik ragi yang dimodifikasi.

Entitas yang saat ini memiliki posisi terbaik untuk memanfaatkan inovasi ini adalah perusahaan besar, menurut peneliti Robert Chiles, asisten profesor sosiologi pedesaan dari Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian.

"Meskipun demikian, teknologi baru seperti kecerdasan buatan, pertanian cerdas, bioteknologi, biologi sintetis, dan printer 3D juga digunakan untuk mendesentralisasikan dan mempersonalisasi manufaktur makanan," kata Chiles.

"Mereka memiliki potensi untuk mendemokratisasikan kepemilikan dan memobilisasi organisasi ekonomi alternatif yang ditujukan untuk lisensi sumber terbuka, koperasi milik anggota, pembiayaan sosial, dan model bisnis platform," tambah Chiles.

Meskipun daging seluler belum tersedia secara luas untuk konsumen, para pendukungnya percaya bahwa pertanian seluler dapat mengurangi input lahan, air dan bahan kimia, meminimalkan emisi gas rumah kaca, meningkatkan keamanan pangan, mengoptimalkan nutrisi, dan menghilangkan kebutuhan untuk memelihara dan menyembelih hewan dalam jumlah besar. untuk makanan.

Namun, pertanian seluler juga dapat mengkonsentrasikan kepemilikan dan kekuasaan dalam sistem pangan global, yaitu dengan menggusur peternak, petani, nelayan dan industri pendukung.

Kemungkinan terakhir telah menimbulkan kekhawatiran luas bahwa pertanian seluler dapat mempercepat konsentrasi kekayaan dan mengurangi partisipasi publik dalam pertanian. Bahkan menawarkan manfaat lingkungan dan nutrisi yang lebih sedikit daripada yang dijanjikan.

Menurut Chiles, yang juga rekan peneliti di Institut Etika Batu Penn State, selama dekade terakhir, para sarjana telah mengeksplorasi spektrum yang luas dari pertanyaan sosio ekonomi dan etika, yang berkaitan dengan pendekatan teknologi ini.

Namun, jelasnya, beasiswa ini belum banyak mengeksplorasi jenis mekanisme yang dapat memfasilitasi pembangunan sektor ini secara lebih adil dan merata.

Untuk menilai lintasan potensial pertanian seluler, Chiles dan rekan menghadiri 11 acara pertanian seluler dan organisasi ekonomi alternatif yang diadakan di seluruh Amerika Serikat selama dua tahun. Mereka mewawancarai para ahli kunci di konferensi dan pertemuan puncak tersebut. Mereka juga menanyakan bagaimana menurut mereka industri akan berkembang dan harus berkembang. Demikian juga, para peneliti mengumpulkan data dari 21 konferensi online tambahan.

Temuan studi, yang diterbitkan dalam Pertanian dan Nilai-Nilai Manusia, menegaskan argumen untuk peningkatan investasi publik dalam penelitian dan pendidikan sumber terbuka tentang pertanian seluler. Terutama untuk produksi tingkat masyarakat dan rumah tangga. Makalah ini tersedia untuk umum melalui akses terbuka.

“Juri masih belum mengetahui bagaimana pertanian seluler akan berkembang di AS dan di seluruh dunia,” kata Chiles. Penelitian  yang melibatkan para inovator dan pengadopsi awal di lapangan dalam percakapan tentang apakah teknologi baru ini akan lebih memusatkan kekayaan dan kekuasaan dalam sistem pangan global yang menghasilkan petunjuk berharga.

"Investasi pemerintah dalam infrastruktur digital yang dapat diakses publik dapat membantu memfasilitasi transisi yang lebih adil, seperti halnya kebijakan publik yang melindungi hak pekerja dan privasi konsumen," tambah Chiles.

"Pemangku kepentingan yang peduli tentang implikasi keadilan dan kesetaraan pertanian seluler pada akhirnya dapat menemukan lebih banyak kesuksesan dengan terlibat dengan bagaimana teknologi ini dikembangkan daripada menghindarinya atau mencoba memberantasnya,"  tambah Chiles.