Bagikan:

JAKARTA -  Monero (XMR), mata uang kripto terbesar yang berfokus pada privasi berdasarkan kapitalisasi pasar, telah membukukan lonjakan harga 20% setelah peluncuran program implementasi Atomic Swap minggu lalu.

Pada Jumat, 20 Agustus, Proyek Monero secara resmi mengumumkan peluncuran implementasi Atomic Swap yang dikembangkan oleh protokol lintas-blockchain COMIT Network, yang bertujuan untuk menyederhanakan perdagangan antara XMR dan Bitcoin (BTC).

Setelah peluncuran Monero Atomic Swaps, XMR telah mengalami lonjakan yang signifikan, dengan harganya naik dari sekitar 265 dolar AS pada hari peluncuran ke level tertinggi intra-minggu sebesar 331 dolar AS.

Kini, mat uang kripto  yang berfokus pada privasi diperdagangkan pada 318 dolar AS, turun sekitar 2,4% selama 24 jam terakhir, menurut situs web pelacakan crypto CoinGecko. Mengikuti tren bullish yang solid di pasar crypto utama, XMR naik lebih dari 50% selama 30 hari terakhir.

Kontributor Proyek Monero ErCiccione mengatakan bahwa penyebaran swap yang baru diperkenalkan adalah teknologi baru yang memungkinkan pengguna untuk bertukar BTC dan XMR tanpa bergantung pada pihak ketiga yang tepercaya seperti pertukaran mata uang kripto.

"Swap ini disebut 'atomik' karena hanya memiliki dua kemungkinan hasil: apakah perdagangan berhasil diselesaikan dan setiap pedagang menerima dana yang lain, atau tidak ada yang terjadi dan kedua pedagang menyimpan dana yang mereka mulai," jelas ErCiccione.

Menurut pengumuman tersebut, pengguna sekarang dapat melanjutkan dengan menguji XMR Atomic Swaps dengan mengunduh perangkat lunak yang dirancang COMIT. ErCiccione memperingatkan pengguna bahwa swap baru “mungkin memiliki bug yang tidak terduga” dan merekomendasikan pengujian dengan jumlah kecil.

Diluncurkan pada tahun 2014, XMR adalah cryptocurrency utama yang berfokus pada privasi yang dirancang untuk mendukung transaksi pribadi dan tidak dapat dilacak. Pada saat penulisan, Monero adalah cryptocurrency terbesar ke-30 berdasarkan kapitalisasi pasar, senilai 5,7 miliar dolar AS.