Synopsys Sukses Mendesain Perangkat Lunak yang Membuat Chip Lebih Efisien
Synopsys, sukses membut revolusi pembuatan chip. (foto: unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Synopsys Inc , perusahaan perangkat lunak, menyatakan mengatakan pada Senin 23 Agustus salah satu pelanggannya menggunakan perangkat lunak kecerdasan buatan untuk mendapatkan keuntungan 26% dalam efisiensi daya chip komputer. Lompatan  teknologi ini biasanya harus menunggu generasi baru teknologi pembuatan chip.

Chip komputasi modern terbuat dari miliaran transistor dan kabel yang diletakkan di atas sepotong silikon seukuran kuku. Bagaimana menempatkan semua elemen pada chip, bersama dengan pilihan desain dan arsitektur lainnya, memiliki dampak besar pada seberapa baik kinerjanya dan berapa biaya yang harus dikeluarkan.

Perusahaan chip besar seperti Intel Corp atau Nvidia Corp dapat menghabiskan dua tahun dan ratusan juta dolar untuk menyempurnakan desain mereka. Synopsys adalah salah satu pembuat perangkat lunak utama yang digunakan untuk melakukan pekerjaan itu.

Perusahaan telah mulai menenun kecerdasan buatan yang disebut DSO.ai ke dalam rangkaian desain chip andalannya untuk membantu desainer chip mendapatkan hasil yang lebih baik, lebih cepat, sambil mencoba menyeimbangkan pertukaran pada kecepatan, efisiensi daya, dan biaya untuk memenuhi tujuan bisnis mereka.

Samsung Electronics Co Ltd dan Renesas Electronics Corp telah mulai menggunakannya. Samsung tahun lalu mengatakan telah memotong langkah desain chip yang akan memakan waktu berbulan-bulan hingga berminggu-minggu.

Pada Senin, Synopsys mengatakan sistem AI sekarang dapat memperhitungkan perangkat lunak apa yang pada akhirnya akan berjalan pada sebuah chip untuk memeras lebih banyak keuntungan. Penyedia komputasi awan yang tidak disebutkan namanya mendapat keuntungan 26% dalam efisiensi daya dibandingkan solusi terbaik yang ditemukan oleh perancang manusia.

Di masa lalu, keuntungan seperti itu datang dari generasi baru teknologi manufaktur chip yang akan datang setiap dua tahun, bukan murni dari desain. “Perangkat lunak baru dapat memeras lebih banyak dari pabrik chip yang ada,” kata Aart de Geus, kepala eksekutif Synopsys.

"Ini penting karena desain sekarang sebenarnya lebih memungkinkan daripada sebelumnya," kata de Geus kepada Reuters dalam sebuah wawancara.