Keren! Robot Ini Bisa Lakukan Parkour Tanpa Henti
Atlas, robot yang bisa melakukan gerakan parkour. (foto: Boston Dynamics)

Bagikan:

JAKARTA - Robot selain dikenal bisa membantu pekerjaan manusia, ternyata juga dapat melakukan olahraga parkour. Salah satunya robot Atlas dari Boston Dynamics, yang memiliki tubuh cukup luwes laiknya manusia.

Boston Dynamics milik Hyundai baru saja membagikan video dari robot humanoid yang berhasil menyelesaikan aktivitas parkour dalam rintangan untuk pertama kalinya. Dalam video itu terlihat sepasang robot Atlas melompati celah, balok berkubah, dan bahkan melakukan salto. Robot Atlas melakukan hal itu secara berurutan tanpa henti.

Dikutip dari Engadget, Kamis, 19 Agustus, perusahaan mengungkapkan aksi robot tersebut memakan waktu berbulan-bulan untuk pengembangan. Ini juga bertujuan agar Atlas menguji kemampuannya untuk menjaga keseimbangan sambil mengubah perilaku dan mengoordinasikan tindakan.

Tentu saja itu bukan aktivitas yang mudah dilakukan. Sekarang Atlas menggunakan visual untuk menyesuaikan gerakannya. Lompatannya secara khusus memiliki tingkat kegagalan sekitar 50 persen dan masih ada sedikit kemungkinan kegagalan di setiap langkah.

Bahkan percobaan gerakan pada akhir aktivitas tidak berjalan terlalu mulus. Boston Dynamics masih harus memperbaiki gerakan yang dibatasi oleh sifat dasar robot itu sendiri, seperti tidak adanya tulang belakang dan sendi lengan yang relatif lemah.

Atlas bukanlah robot produksi seperti Spot yang menavigasi medan dengan mobilitas yang belum pernah terjadi sebelumnya, yang memungkinkan pengguna untuk mengotomatiskan tugas inspeksi rutin dan pengambilan data dengan aman, akurat, dan sering. Ini adalah model penelitian yang dimaksudkan untuk mendorong batas robotika.

Dengan adanya Atlas beserta kemampuannya, Boston Dynamics membayangkan praktik parkour ini mengarah ke robot penolong masa depan yang dapat menangani berbagai tugas dengan ketangkasan seperti manusia.