Wow! Tim Peneliti Korea Bikin Robot Bunglon yang Bisa Berubah Warna Mirip Aslinya
Tim peneliti Korea bikin robot bunglon (Pierre Bamin-Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Tim peneliti asal Korea berhasil menciptakan robot bunglon lengkap dengan kemampuannya yang unik yaitu berubah warna sesuai dengan kondisi lingkungannya. Selain itu, robot bunglon tersebut juga bisa meniru bunglon asli yaitu menggerakkan bola mata ke arah berbeda.

Robot ini merupakan robot pertama yang punya kemampuan meniru alam sekitarnya. Para peneliti melengkapi robot bunglon dengan kulit elektronik buatan yang bisa berganti warna secara cepat dan otomatis menyesuaikan dengan warna latar yang dilewati robot tersebut.

Berdasarkan laporan Slashgear, robot tersebut mungkin tidak mempunyai kegunaan yang signifikan namun teknologi di baliknya bisa menghasilkan terobosan menarik mengenai kamuflase aktif untuk generasi selanjutnya yang dapat diterapkan dalam militer.

Selain itu, teknologi yang ada dalam robot tersebut bisa memasuki industri mode yakni bisa digunakan untuk membuat pakaian yang bisa berubah warna sesuai background-nya.

Kulit elektronik tersebut tidak hanya bisa berubah warna saja tapi juga bisa menampilkan sejumlah pola pada permukaannya. Sukjoon Hong, salah satu peneliti yang menulis studi mengenai kulit elektronik itu mengatakan bahwa kulit tersebut tidak harus mengubah warna secara sempurna karena hanya didesain untuk berkamuflase saja.

Para peneliti membuat kulit elektronik dengan menggunakan glasir tinta kristal cair yang bisa menghasilkan berbagai warna dengan mengubah struktur molekulnya. Pasalnya partikel dalam tinta kristal cair tersebut bisa berkumpul dan menjadi susunan heliks yang lebih besar sehingga bisa memantulkan aneka warna cahaya sesuai dengan ukuran partikel yang ada di dalam kulit elektronik.

Terbentuknya pola pada permukaan kulit tersebut merupakan hasil dari pengaktifan sejumlah pola pemanas secara berbarengan. Tidak tanggung-tanggung kulit elektronik itu bisa berganti warna dengan cepat yakni hanya dalam setengah detik saja. Artinya robot bunglon tersebut punya kemampuan berkamuflase dalam waktu singkat.