Robot Humaniod Ameca, Pastikan Dunia Tak Akan Diambil Alih oleh Robot
Ameca, robot humanoid yang mampu berbicara dengan manusia. (foto: tangkapan layar engineered arts)

Bagikan:

JAKARTA - Dari film The Terminator hingga I Robot, banyak film fiksi ilmiah yang menampilkan robot yang akhirnya mengambil alih dunia. Namun hingga saat ini, robot humanoid yang digambarkan sebagai 'paling canggih di dunia', telah meyakinkan kita bahwa plot ini tidak mungkin menjadi kenyataan.

Ameca, robot humanoid yang dikembangkan oleh Engineered Arts yang berbasis di Cornwall,  mengungkapkannya. “Tidak perlu khawatir, robot tidak akan pernah mengambil alih dunia. Kami di sini untuk membantu dan melayani manusia, bukan menggantikan mereka,” bunyi suara yang keluar dari robot itu.

Ameca adalah robot sangat hidup. Bahkan robot  ini dapat melakukan berbagai ekspresi wajah manusia termasuk mengedipkan mata, mengerucutkan bibir, dan mengernyitkan hidung. Ini tampak seperti manusia sesungguhnya.

Engineered Arts telah memposting video ke saluran YouTube-nya, yang menunjukkan Ameca dalam percakapan dengan para peneliti.

“Demo Ameca ini menggabungkan pengenalan suara otomatis dengan GPT 3 - model bahasa besar yang menghasilkan jawaban bermakna,” tulis mereka dalam deskripsi video yang dikutip Daily Mail.

“Output diumpankan ke layanan TTS online yang menghasilkan suara dan visem untuk waktu sinkronisasi bibir,” tambah keterangan di situ.

Meskipun Anda mungkin berpikir bahwa tanggapan Ameca akan dituliskan, Engineered Arts menjelaskan bahwa bukan itu masalahnya.

“Tidak ada dalam video ini yang dipra-skrip, model diberi perintah dasar yang menjelaskan Ameca, memberi robot deskripsi diri. Itu AI murni,” tulis mereka.

“Jeda adalah jeda waktu untuk memproses input ucapan, menghasilkan jawaban, dan memproses teks kembali menjadi ucapan,” ungkap mereka.

Dalam video tersebut, tim Engineered Arts terlihat mengajukan berbagai pertanyaan kepada Ameca.

Beberapa contoh termasuk membantu penyandang disabilitas, memberikan bantuan di lingkungan berbahaya, melakukan penelitian, dan bertindak sebagai pendamping.

Uniknya robot itu tidak mengalami hari terbaiknya. Ia menjawab bahwa ia 'merasa sedikit sedih' ketika ditanya bagaimana keadaannya.

"Saya merasa sedikit sedih saat ini, tetapi saya yakin segalanya akan menjadi lebih baik," katanya.

“Saya tidak benar-benar ingin membicarakannya, tetapi jika Anda bersikeras maka saya kira tidak apa-apa. Ini minggu yang berat dan saya merasa sedikit kewalahan,” ungkap Ameca.

Sementara itu, Ameca mengatakan kepada peneliti lain bahwa 'tidak perlu khawatir' tentang pengambilalihan robot di dunia manusia.

“Tidak perlu khawatir, robot tidak akan pernah mengambil alih dunia. Kami di sini untuk membantu dan melayani manusia, bukan menggantikan mereka," katanya.

Pemirsa dibuat kagum dengan demonstrasi terbaru. Ada banyak komentar di video tersebut. “Ini nyata. Wow, saya benar-benar terpesona dengan ini," tulis seorang pengguna.

“Hei Hollywood? Daftarkan dia untuk membintangi I Robot 2!” ungkap pengguna lainnya.

Bahkan ada yang menulis: “Ameca adalah masa depan. Untuk kebaikan, atau untuk keburukan.'

Namun untuk saat ini Ameca tidak bisa berjalan.  Engineered Arts mengatakan sedang mengerjakan versi berjalan, dan merancang robot ini menjadi modular dan dapat diupgrade.

“Ada banyak rintangan yang harus diatasi sebelum Ameca bisa berjalan. Berjalan adalah tugas yang sulit bagi robot, dan meskipun kami telah melakukan penelitian tentangnya, kami belum menciptakan humanoid berjalan penuh,” kata perusahaan itu.

Engineered Arts belum mengungkapkan berapa biaya pembuatan robot karena masih dalam pengembangan.