Xiaomi Umumkan Produk Barunya, Robot CyberDog yang Bisa Mengenali Wajah dan Suara Pemilik
Xiaomi bikin robot canggih CyberDog (AndroidAuthority)

Bagikan:

JAKARTA – Robot Xiaomi CyberDoge diumumkan perusahaan pada peluncuran smartphone Mi Mix 4 dan Mi Pad 5 beberapa waku lalu. CyberDog merupakan produk robot pertama bikinan produsen ponsel Xiaomi.  

Dari segi tampilan luarnya, CyberDog memiliki kemiripan dengan robot Spot buatan Boston Dynamics. Hanya saja robot buatan Xiaomi itu dilengkapi dukungan superkomputer kecerdasan buatan terkecil di dunia yakni AI Jeston Xavier NX buatan  Nvidia.

CyberDog dilengkapi dengan 11 sensor di seluruh tubuhnya yang meliputi sensor sentuh dan ultrasonik. Kepala robot anjing itu juga dilengkapi dengan sejumlah kamera, termasuk lensa panorama, kamera Intel RealSense D450, LIDAR, dan GPS. Semua itu memberikan kemampuan kepada CyberDog untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

Robot tersebut juga disebut-sebut mampu mengikuti pemiliknya dan bisa menghindari halangan berkat GPS yang tertanam di dalamnya. Pemilik CyberDog bisa mengontrolnya melalui perintah suara, remote control, dan aplikasi ponsel.

Namun tidak semua ponsel Xiaomi mendukung fitur kendali robot CyberDog. Sejumlah smartphone yang bisa mendukung CyberDog yakni Redmi K40 Gaming Edition, Redmi K40, Redmi K30 5G, Redmi 10X, Redmi 10X Pro, dan yang terakhir Mi Mix 2S.

Selain itu, CyberDog juga mampu berlari dengan kecepatan 3,2 meter per detik dan bisa melakukan backflips. Robot tersebut dilengkapi dengan tiga port USB-C dan satu port HDMI yang berfungsi untuk memfasilitasi sambungan antara robot dengan perangkat lain.

Tidak berhenti sampai di situ robot seberat 3 kg terseut juga bisa mengenali postur tubuh dan mendeteksi wajah manusia. Kemampuan ini merupakan berkat dukungan dari sensor yang tertanam di dalam robot. Artinya, CyberDog bisa mengenali pemiliknya meskipun berada di tengah keramaian.

Melansir TheVerge, CyberDog berperilaku sebagaimana hewan peliharaan. Robot juga bisa mengenali kata-kata yang diucapkan dan memahami perintah yang diberikan kepadanya.

Robot buatan Xiaomi itu merupakan proyek tahap pertama yang bersifat open source yang diperuntukan bagi para developer. CyberDog dapat diprogram dan dimodifikasi sesuai kebutuhan pengembang. CyberDog hanya diproduksi secara terbatas, yakni 1.000 unit saja. Robot tersebut dijual seharga 9.999 Yuan (sekitar Rp22,2 juta).