PS5 Bakal Susah Didapat Menyusul Kelangkaan Chip Komputer Saat Ini
PS5 produksinya bakal terpengaruh oleh kelangkaan chip komputer. (foto: playstation.com)

Bagikan:

JAKARTA -  PlayStation 5 akan "hampir mustahil" untuk didapatkan akhir tahun ini  permintaan untuk konsol meroket dalam beberapa bulan mendatang. Analisis yang dilakukan oleh TechRadar menunjukkan bahwa pengecer AS dan Inggris pada bulan Oktober akan melihat lonjakan jumlah pembeli yang ingin membeli mesin generasi berikutnya dari Sony.

Itu karena jutaan orang tua ingin membelikan anak-anak mereka PS5 di minggu-minggu menjelang liburan Natal. Meningkatnya permintaan akan diperparah dengan kedatangan Black Friday dan Cyber ​​Monday pada bulan November.

"Dalam waktu dua bulan, akan menjadi jauh lebih sulit ketika orang tua menyadari fakta bahwa mereka membutuhkan konsol ini untuk memenuhi daftar keinginan Natal anak mereka," tulis TechRadar.

"Bahkan jika Sony akan meningkatkan pasokan konsol PS5 Disc dan PS5 Digital, permintaan akan meroket tepat sebelum Black Friday dan Cyber ​​Monday."

Sony merilis PlayStation 5 di seluruh dunia pada November 2020 dan konsolnya tetap terjual habis sejak saat itu.

Stok konsol tetap rendah di toko-toko di seluruh dunia karena kekurangan microchip yang digunakan di seluruh dunia untuk memberi daya. Pengecer telah merilis sejumlah kecil stok sekaligus tanpa peringatan – dan mereka biasanya terjual habis dalam hitungan menit.

Menurut seorang analis, pasokan konsol yang dicari diperkirakan tidak akan meningkat paling cepat tahun depan. “Sejujurnya saya tidak melihat kekurangan ini menjadi lebih baik sampai tahun depan,” kata Anshel Sag, Analis Senior di Moor Insights & Strategy, kepada TechRadar.

Dia mengatakan bahwa, sebagai akibat dari krisis microchip, industri game PC menderita kekurangan GPU terburuk yang pernah dia lihat dalam 15 tahun karirnya.

Sony telah merilis dua versi konsol barunya. PS5 lengkap berharga 449/499 pound, sedangkan Edisi Digital tanpa baki cakram dihargai 359/399 pound.

Mereka melawan Xbox Series X ( 449 pound) dan Xbox Series S (249 pound), yang juga dijual November lalu.

PS5 diluncurkan dengan game eksklusif utama seperti Spider-Man Miles Morales dan versi Dark Souls yang diperbarui untuk dinikmati para pemain. Gamer Xbox, di sisi lain, memiliki judul “Halo” baru untuk dinantikan akhir tahun ini.