Bagikan:

JAKARTA - Perdana Menteri Italia,  Mario Draghi, menyatakan bahwa menjadi prioritas bagi negara-negara di Eropa untuk meningkatkan produksi chip komputer mereka saat ini. Kebijakan ini sebagai bagian dari upaya yang lebih luas yang bertujuan untuk memperkuat ekonomi blok dan melindungi industri utama.

"Kekurangan semikonduktor, bahan yang penting untuk banyak industri strategis seperti transportasi, mesin industri, pertahanan, telah sangat merusak," kata Draghi, berbicara kepada parlemen, seperti dikutip Reuters.

Hal ini menyikapi kondisi kelangkaan chip yang pernah menghantam banyak negara selama pandemi dua tahun terakhir. Ini menyebabkan banyak industri manufaktur di Eropa mengalami gangguan besar-besaran.

Ia pun menyerukan  agar dibuat kebijakan yang lebih mendukung pembangunan pabrik atau pembuat chip di negara-negara Eropa,

Dia menambahkan bahwa itu adalah ambisi Eropa untuk meningkatkan pangsa pasarnya dari 10% menjadi 20% dari produksi chip global pada tahun 2030.

Draghi juga mengakui jika produksi chip di Eropa selama ini telah kalah jauh dibandingkan pesaingnya di Asia, seperti Jepang, Korsel, Taiwan dan China. Begitu pula jika dibandingkan dengan Amerika Serikat.