AMD Bakal Luncurkan CPU Zen 4 dan GPU RDNA 3 Pada 2022 Mendatang
AMD bakal mengeluarkan CPU dan GPU baru (Wccftech)

Bagikan:

JAKARTA – Pihak AMD akan meluncurkan CPU Zen 4 dan kartu grafis RDNA 3 pada tahun 2022. Pengumuman tersebut disampaikan oleh Dr Lisa Su selaku CEO AMD setelah perusahaan memberikan laporan keuangannya pada kuartal kedua 2021.

Melansir Forbes, laporan keuangan tersebut menunjukkan kenaikan pendapatan sebesar 99 persen year-on-year (YoY). Kenaikan tersebut didapat dari hasil penjualan CPU dan GPU Ryzen dengan harga yang lebih tinggi dari sebelumnya. Selain itu, penjualan laptop juga telah mendukung kenaikan tersebut.

Ditambah lagi dengan Tesla yang menggunakan silikonnya di mobil Model X dan Model S EV. Perusahaan juga memberikan prosesor khusus kepada para pengembang konsol gim. AMD juga menyediakan prosesor untuk Valve SteamDeck.

Kehadiran CPU Zen 4 yang telah ditunggu-tunggu banyak orang diharapkan bisa membantu proses manufaktur 5nm dengan dukungan DDR5 dengan teknologi 3D V-Cache baru yang sebelumnya sudah hadir dalam CPU Zen 3.

Meskipun saat ini tengah terjadi kelangkaan chip global, AMD optimistis akan meluncurkan CPU dan GPU baru tersebut pada 2022. Selain itu penambangan kripto juga telah mendorong permintaan GPU yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Penambangan kripto telah memicu kelangkaan GPU sehingga membuat para produsen untuk menaikkan harganya seperti yang dilakukan Nvidia beberapa waktu lalu. Pihak AMD sendiri melihat keadaan tersebut akan terus berlanjut hingga tahun 2022.

“Kami tetap berada di jalur yang tepat untuk meluncurkan produk generasi berikutnya pada tahun 2022, termasuk prosesor Zen 4 kami yang dibuat dengan teknologi proses 5nm terdepan di industri dan GPU RDNA 3 kami,” kata Dr Lisa Su sebagaimana dikutip dari Wccftech.

Dengan rencana peluncuran tersebut, AMD bakal bakal mempunyai satu keluarga Ryzen Desktop pada tahun depan yakni Zen 3 dengan 3D V-Chace dan Zen 4 yang memakai nama kode Raphael.

Rencananya, AMD juga akan menambah jumlah core yang lebih banyak lagi dibanding saat ini dengan maksimum 16 core - 32 thread. Selain itu, perusahaan juga bakal meningkatkan IPC hingga 25% dalam Zen 4. Clock juga kabarnya akan ditingkatkan hingga 5GHz. Selain itu, AMD juga dikabarkan sedang mempersiapkan GPU Radeon RX 7000 yang dirumorkan bakal memakai chip AMD dengan dukungan RDNA 3 dengan GPU Navi 3x. Ini digadang-gadang bakal menjadi GPU dengan performa lebih tinggi dari generasi sebelumnya.