Durov Tak Kaget Ponselnya Diretas Pegasus, Ia Tahu Sejak  2011
Pavel Durov, pendiri Telegram yang tahu jika banyak peretasan di dunia maya. (foto: twitter @durov)

Bagikan:

JAKARTA – Pendiri Telegram Pavel Durov, yang kontaknya masuk dalam daftar individu yang menjadi target pemerintah klien NSO Group oleh spyware Pegasus, mengatakan bahwa dia mengetahui setidaknya sejak 2018 bahwa salah satu nomor teleponnya termasuk dalam daftar target potensial. 

Pria berusia 36 tahun itu menambahkan bahwa dia tidak khawatir karena sejak 2011, dia sudah terbiasa dengan asumsi bahwa ponselnya diretas. Durov masih tinggal di Rusia, tempat kelahirannya, saat itu.

Dalam catatan panjang di saluran Telegramnya, Durov mengatakan bahwa alat pengawasan yang digunakan oleh pemerintah ini dapat meretas ke ponsel iOS atau Android apa pun. Ia menambahkan bahwa tidak ada cara untuk melindungi perangkat ponsel dari spyware itu. "Tidak masalah aplikasi mana yang Anda gunakan, karena sistemnya dilanggar pada tingkat yang lebih dalam," katanya, dalam Durov's Channel di Telegram.

Menarik perhatian pada pengungkapan Edward Snowden 2013, mantan subkontraktor CIA yang membocorkan informasi rahasia dari Badan Keamanan Nasional (NSA), baik Google maupun Apple adalah bagian dari program pengawasan global. 

Durov menambahkan bahwa partisipasi mereka berarti bahwa raksasa teknologi ini harus menerapkan pintu belakang ke dalam sistem operasi seluler mereka. Pintu belakang ini, katanya, memungkinkan agen AS untuk mendapatkan akses ke ponsel cerdas Anda dan dengan demikian informasi di dalamnya.

Kekhawatiran utama lainnya dengan pintu belakang seperti itu, kata Durov, adalah bahwa mereka dapat dieksploitasi oleh sembarang orang, karena mereka tidak pernah eksklusif untuk pihak mana pun. "Jadi, jika badan keamanan AS dapat meretas ponsel iOS atau Android, organisasi lain mana pun yang mengungkap pintu belakang ini dapat melakukan hal yang sama," katanya.

Inilah yang telah dilakukan Grup NSO asal Israel, menjual akses ke alat mata-mata yang memungkinkan pihak ketiga meretas puluhan ribu ponsel, kata pendiri Telegram.

Sementara dia menggarisbawahi bahwa siapa pun yang meretas teleponnya akan "sangat kecewa", Durov mengklaim bahwa alat pengawasan ini juga digunakan untuk melawan orang yang jauh lebih menonjol daripada dia. 

Dia kemudian menjelaskan fakta bahwa alat itu dikerahkan untuk memata-matai 14 kepala negara. "Keberadaan pintu belakang dalam infrastruktur dan perangkat lunak penting menciptakan tantangan besar bagi umat manusia," kata Durov, seraya menambahkan itu sebabnya dia mendesak pemerintah untuk bertindak melawan duopoli Apple-Google di pasar ponsel cerdas dan  memaksa mereka untuk membuka ekosistem tertutup mereka dan memungkinkan lebih banyak kompetisi.

Durov mengatakan bahwa meskipun monopoli pasar saat ini menyebabkan peningkatan biaya dan pelanggaran privasi dan kebebasan berbicara miliaran orang, pejabat pemerintah sangat lambat untuk bertindak. “Saya berharap kabar bahwa mereka sendiri telah menjadi sasaran alat pengawasan ini akan mendorong para politisi untuk berubah pikiran,” pungkasnya.