Studi Terbaru: Main <i>Red Dead Redemption 2</i> Bisa Bikin Kita Lebih Peduli Hewan
Gim Red Dead Redemption 2 (Redbull)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Beberapa pekan terakhir, industri maupun penggemar gim tengah dibikin ramai oleh kehadiran Red Dead Redemption 2 (RDR2). Sebuah permainan video yang mengajak Anda menjelajah Amerika Serikat pada masa yang penuh dengan koboi dan suku indian. Tepatnya, Amerika Serikat pada akhir abad 19.

Dalam gim tersebut, pemain bisa menjarah kereta, layaknya potongan adegan dari film koboi seperti Dollars Trilogy. Tak hanya itu, sebagaimana umumnya gambaran koboi, pemain juga bisa menembak anggota geng penjahat, mencuri kuda, hingga mempelajari alam liar.

Namun, siapa sangka jika gim ini turut menarik perhatian peneliti. Ilmuwan mensurvei 586 pemain dari 55 negara berbeda. 444 di antaranya sudah memainkan RDR2. Dari penelitian tersebut, ilmuwan menemukan bahwa mereka yang memainkan gim ini menjadi lebih baik dalam mengidentifikasi hewan yang ditunjukkan lewat foto.

Padahal, terdapat kurang lebih 200 hewan yang sudah ditanamkan pengembang dalam gambar tersebut. Masing-masing hewan dirancang agar mampu berinteraksi langusng dengan pemain –dengan tingkah layaknya hewan liar yang kita temui di alam liar.

“Tingkat detail pada Red Dead Redemption 2 dikenal tinggi, dan termasuk pula dalam (menggambarkan) hewan,” ungkap ilmuwan sosial dan lingkungan Sarah Crowley dari University of Exeter di Britania Raya, via Science Alert, 19

Menurut Sarah, tidak hanya penggambaran serta tingkahnya saja yang ditampilkan mendekati kenyataan. Tapi, bagaimana hewan-hewan tersebut berinteraksi antara satu dengan yang lain. Seperti Oposum yang berpura-pura mati, raungan beruang untuk menggertak orang yang ditemuinya, serta bagaimana elang yang tengah berburu ular.

Dalam penelitian tersebut, partisipan diminta untuk mengidentifikasi 15 spesies hewan dalam bentuk foto. 15 hewan tersebut juga termasuk jenis yang muncul di dalam gim. Termasuk rusa ekor putih, jackrabbit, buaya, ikan sturgeon tawar, iguana hijau, katak bullfrog Amerika, dan masih banyak lagi.

Ketika pemain RDR2 ditampilkan gambar-gambar hewan dalam bentuk kuis pilihan ganda, rata-rata mendapatkan skor 10 dari 15 pertanyaan. Sedangkan mereka yang tidak pernah memainkan game tersebut hanya mendapatkan skor 7 saja.

Perbedaan kemampuan dalam mengenali hewan semakin besar jika berkaitan dengan jenis yang sangat bermanfaat dalam permainan. Seperti ikan, yang bisa ditangkap dan dimakan oleh pemain dalam gim tersebut.

Pemain yang sudah menyelesaikan cerita RDR2 (yang kurang lebih sepanjang 40 hingga 60 jam bermain), pemain yang baru mulai memainkannya, atau pemain versi online, mencetak skor paling tinggi dari uji coba tersebut.

Tak hanya itu, pemain juga mampu menjelaskan bagaimana kebiasaan hewan hingga ekologi habitannya lewat RDR2. Satu pemain bahkan menyatakan bahwa game tersebut mengajarkan pada mereka bagaimana mengenali domba liar yang akan menyerangnya di alam liar.