Diikat di Tubuhnya, Pria Hong Kong Selundupkan 256 CPU Intel ke China
Harga dan Pajak Chip yang tinggi di China memicu aksi penyelundupan. (foto: dok. bea cukai China)

Bagikan:

JAKARTA - Seorang pria secara mengejutkan diamankan oleh pihak bea cukai China karena menyelundupkan 256 Central Processing Unit (CPU). Menariknya, pria ini mengikatkan semua CPU tersebut di tubuhnya.

Mengutip SCMP, Minggu 18 Juli, petugas bea cukai menemukan dan menyita total 256 unit CPU dengan merek Intel yang diikat di dada dan betis pengemudi dalam pemeriksaan pada 16 Juni lalu.

Pengemudi itu dihentikan dan digeledah karena dia "bertindak tidak normal dan tampak gugup" selama pemeriksaan normal di jalur masuk ke daratan China. Menurut pihak berwenang, CPU yang pria itu coba selundupkan adalah Intel i7-10700 dan i9-10900Ks.

Tidak hanya satu, petugas juga mencegat pria dengan profesi sama 10 hari kemudian yang membawa 52 CPU Intel, kini pengemudi itu menyelundupkannya dengan memasukkan paket di antara dua kursi kendaraan.

Kemungkinan, hal ini didasari karena pajak impor di China yang terlalu tinggi, dan sebagian disebabkan oleh kekurangan chip saat ini. Kini setiap orang menginginkan chip tetapi tidak dengan mudah dapat membelinya, jadi penyelundupan ini akan memungkinkan mereka menjual kembali dengan harga yang tinggi.

Belum lama ini, pabrikan chip Taiwan Semiconductor Manufacturing Co (TSMC) berjanji akan segera mengatasi kelangkaan chipset ini, dengan meningkatkan kapasitas sesegera mungkin, tetapi kekurangan terus berlanjut, dengan banyak pelanggan di China berebut untuk mengamankan pasokan dari pabrik.

Meskipun ini bukan kali pertama bea cukai China mencegat chip selundupan dari Hong Kong, dua kasus dalam satu bulan seperti itu dapat mengindikasikan permintaan chip yang sangat melonjak.

Sebelumnya, pada 16 Juni, tiga pria di Hong Kong menyerang dan merampok seorang pria yang membawa chip elektronik senilai sekitar 644 ribu dolar AS, dan ini menjadi kasus perampokan teknologi tinggi yang langka di Hong Kong. 

Kemudian, pada 2013, bea cukai Shenzhen menangkap geng penyelundup yang melibatkan 12 orang dan menyita 120.000 chip dalam satu penggerebekan di sebuah pabrik elektronik bawah tanah China daratan.