Dari Arizona ke Oklahoma, Truk Semi Otonom Melaju 10 Jam Lebih Cepat dari Truk Konvensional
Teknologi otopilot, segera menggeser peran dari truk konvensional.

Bagikan:

JAKARTA - Vice News, melaporkan sebuah perusahaan teknologi bernama TuSimple, berhasil menguji truk semi otonom untuk mengangkut semangka dari satu negara bagian ke negara bagian lainnya. Truk semi otonom ini melaju dari Arizona ke Oklahoma dalam waktu sekitar 14 jam. Perjalanan ini menunjukkan bahwa truk dapat menuju ke suatu arah dengan sendirinya, tanpa sopir.

Perjalanan ini mengesankan karena waktu tempuh tersebut lebih cepat 10 jam dari perjalanan truk  yang dikemudikan oleh manusia. Bagi kebanyakan orang, perjalanan dari Arizona ke Oklahoma, biasanya membutuhkan waktu sekitar 24 jam.

Waktu tempuh yang jauh lebih cepat ini, bisa membuat revolusi transportasi di AS. Penggunaan manusia sebagai sopir profesional, mungkin segera  tergeser  oleh teknologi yang ditawarkan oleh truk otonom. 

Perbedaan antara truk otonom dan truk dengan sopir manusia, dikarenakan manusia membutuhkan istirahat di antara jam kerja yang panjang. Hal ini sesuai aturan transportasi di AS. Sementara mesin di truk otonom tak perlu beristirahat. 

Meskipun truk swakemudi itu berhasil mengantarkan melon tanpa kecelakaan, namun ada seorang pengawas di belakang kemudi. Namun pengawas hanya mengambil 20 persen kendali di awal perjalanan dan di akhir perjalanan ketika perlu truk perlu dinavigasi saat melalui area kota yang lebih padat penduduknya. Namun sebagian besar perjalanan adalah teknologi TuSimple yang bekerja sendiri.

Seperti yang dilaporkan Changing America sebelumnya, Tesla, pembuat EV terkemuka di pasar Amerika, juga tengah menghadapi tekanan dari otoritas jalan raya untuk fitur otomatisasi Autopilot. Hal ini muncul setelah terdapat beberapa kecelakaan yang dilaporkan karena kendaraan otopilot tersebut.