Kejadian Lucu di San Francisco, Polisi Bingung Berkomunikasi dengan Taksi Otonom Saat Langgar Aturan Lalu Lintas
Polisi sulit berkomunikasi dengan taksi otonom. (foto: twitter @llsethj)

Bagikan:

JAKARTA - Sudah lebih dari dua bulan ini Cruise mulai memperbolehkan warga San Francisco menaiki robotaxis tanpa pengemudinya. Namun ada kejadian untuk pada salah satu mobilnya, karena bentrok dengan polisi.

Dalam sebuah video yang awalnya diposting ke Instagram akhir pekan lalu, pengguna menangkap interaksi canggung dan agak lucu antara Departemen Kepolisian San Francisco dan kendaraan otonom setelah menepi, karena tidak menyalakan lampu.

Setelah menghentikan kendaraan Chevy Bolt yang berubah menjadi Cruise, seorang petugas polisi naik ke jendelanya, mencoba untuk membuka pintu namun tidak berhasil. Polisi mulai berjalan kembali ke mobilnya. Kendaraan otonom pun mulai melaju kembali ini tampak seperti gambaran pengejaran polisi, tetapi kemudian menepi dan menempatkan bahayanya pada titik yang lebih jauh di jalan.

Polisi mengemudi di belakang kendaraan sekali lagi, keluar dari mobil, dan kemudian berputar-putar di sekitar kendaraan saat mereka mungkin mencoba mencari cara untuk menyalakan kembali lampu depannya.

Sebagai juru bicara Cruise, Aaron Mclear, menjelaskan kepada The Verge, kendaraan otonom tidak pergi untuk melarikan diri dari polisi. Namun kendaraan otonom itu mencoba untuk menemukan lokasi yang lebih aman untuk menepi. Ini adalah sebuah tindakan yang kebanyakan pengemudi manusia tidak dapat melakukannya.  Mclear juga mengkonfirmasi bahwa SFPD memerintahkan kendaraan otonom ini menepi karena tidak menyalakan lampu depannya. Namun akhirnya Cruise mengatakan bahwa mereka telah memperbaiki masalah tersebut.

“Kendaraan itu menyerah pada mobil polisi, lalu menepi ke lokasi aman terdekat untuk pemberhentian lalu lintas,” kata Mclear. “Seorang petugas menghubungi personel Cruise dan tidak ada tilang yang dikeluarkan. Kami bekerja sama dengan SFPD tentang cara berinteraksi dengan kendaraan kami dan memiliki nomor telepon khusus untuk mereka hubungi dalam situasi seperti ini.”

Cruise, anak perusahaan General Motors, menggunakan teknologi LIDAR untuk menggerakkan kemampuan mengemudi sendiri dari kendaraannya. Perusahaan ini telah menggunakan mobil untuk antar-jemput di sekitar karyawannya yang berbasis di San Francisco sejak 2017, tetapi baru saja membuka daftar tunggu untuk taksi populasi umum kota itu.

Jubir Cruise juga mengatakan masih belum tahu persis apa yang menyebabkan kendaraan Cruise beroperasi tanpa lampu depannya. Mungkin fitur lampu depan otomatis mobil dinonaktifkan atau gagal mendeteksi kegelapan di sekitarnya. Namun itu sedikit mengkhawatirkan. Kendaraan pesiar hanya diizinkan mengemudi dari jam 10 malam hingga jam 6 pagi, yang jelas membuat lampu depan cukup penting.

Pada tahun 2018, sebuah kendaraan Uber yang mengemudi sendiri menabrak dan membunuh seorang pejalan kaki yang sedang berjalan dengan sepedanya di seberang jalan di Tempe, Arizona. Investigasi selanjutnya dari Dewan Keselamatan Transportasi Nasional (NTSB) menemukan bahwa Uber mematikan sistem pengereman darurat mobil Volvo tersebut untuk mencegah interaksi apa pun dengan perangkat lunak self-driving Uber, tetapi tidak jelas apakah itu berkontribusi pada kecelakaan itu.