Ini Tiga Riset yang Harus Dilakukan Sebelum Berinvestasi Uang Kripto, Menurut Jack Cuban
Riset mendalam harus dilakukan oleh seorang jika ingin investasi uang kripto. (foto: André François McKenzie/unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Minat altcoin, atau koin digital alternatif, seperti dogecoin, di dunia terus melonjak tahun ini. Di antara investor yang berdiri di garis depan adalah miliarder Mark Cuban, yang telah membangun portofolio berbagai koin digital dan perusahaan blockchain.

Pada April lalu, Cuban mengungkapkan bahwa dirinya memiliki mata uang kripto yang terdiri dari 60% bitcoin, 30% ether, dan 10% altcoin lainnya. Untuk kepemilikan altcoin termasuk dogecoin dan litecoin, ia beli bersama putranya yang berusia 11 tahun, Jake Cuban, awal tahun ini. Hal itu ungkapkan di Reddit “Ask Me Anything” pada bulan Februari. Cuban juga memiliki DeFi, atau keuangan terdesentralisasi, koin seperti sushi dan aave.

Meskipun Cuban telah memilih untuk berinvestasi dalam altcoin, ia memiliki nasihat penting bagi mereka yang mempertimbangkan untuk melakukan hal yang sama. “Ini seperti berinvestasi dalam hal lain. Lakukan penelitian Anda sendiri," Cuban, kepada CNBC. “Altcoin tidak berbeda dengan saham, obligasi, perusahaan swasta.”

Seperti halnya investasi apa pun, jangan meniru secara membabi buta apa yang dilakukan orang. Perlu diingat bahwa berinvestasi dalam mata uang kripto, dan khususnya di altcoin, bisa jauh lebih berisiko daripada saham atau obligasi. Mata uang kripto masih dianggap sebagai investasi spekulatif yang sangat fluktuatif secara keseluruhan.

Baru-baru ini, Cuban mengalami sendiri risiko tersebut. Pada 16 Juni, dia menyatakan bahwa dia memperdagangkan token DeFi dari Iron Finance yang disebut, titan, yang akhirnya jatuh ke nol hanya dalam satu hari.

Pada awalnya, pemain di dunia crypto, berspekulasi bahwa ini adalah hasil dari tarikan karpet, yang merupakan jenis penipuan di mana pengembang meninggalkan proyek dan pergi dengan dana investor. Iron Finance membantah klaim tersebut. Proyek tersebut mengatakan dalam sebuah posting blog bahwa crash itu disebabkan oleh "bank run," atau penjualan panik, dan kode algoritmik token.

Meskipun jarang altcoin benar-benar “habis”, ini menjadi pengingat yang baik tentang betapa berbahayanya berinvestasi di kripto, dan mengapa Anda harus memahami apa yang Anda hadapi sebelumnya.

“Karena nilainya tidak benar-benar sesuai dengan beberapa sumber nilai yang mendasarinya — seperti real estat, atau keuntungan atau bunga. Hampir tidak ada cara untuk memprediksi apakah (mata uang kripto) akan naik atau turun pada saat tertentu. Itu murni spekulasi,” ungkap James Ledbetter, editor buletin fintech FIN dan CNBC.  

Para ahli setuju dengan Cuban bahwa sangat penting untuk melakukan penelitian menyeluruh sebelum berinvestasi. Ingat, hanya beli sebesar Anda sanggup menanggung kerugiannya. Jika Anda tertarik dengan altcoin, berikut adalah beberapa jenis risiko yang harus Anda waspadai.

1. Risiko Reputasi

Risiko reputasi adalah ancaman bahwa proyek altcoin mungkin tidak bereputasi baik. Sebelum berinvestasi, penting untuk menentukan apakah pendiri proyek itu adalah orang-orang yang kredibel.

2. Risiko Akses Pasar

Risiko akses pasar mengacu pada aksesibilitas setiap koin digital, termasuk di mana tersedia untuk dibeli.

Jika altcoin hanya tersedia melalui backchannel yang tidak jelas, mungkin ada baiknya memikirkan investasi sedikit lebih banyak. Jika metode pembelian koin tampak samar, mungkin proyek altcoin tidak aman atau scam.

3. Risiko Teknis

Risiko teknis sangat besar, karena kualitas kode di balik setiap koin digital dapat bervariasi. Banyak altcoin bertema anjing, misalnya, dibuat oleh pengembang yang menyalin dan menempelkan kode sumber koin lain untuk membuatnya sendiri. 

Dogecoin, khususnya, adalah fork, atau salinan kode, dari luckycoin, yang merupakan fork litecoin, yang merupakan fork bitcoin. Ini dapat meninggalkan ruang untuk kelemahan dalam kode, membuat altcoin berpotensi kurang aman dan rentan terhadap pelaku jahat.

Adalah cerdas untuk memastikan bahwa pihak ketiga yang memiliki reputasi baik telah mengaudit dan meninjau kode altcoin apa pun yang ingin Anda beli. Audit akan mengungkap jika ada masalah dalam pengembangan koin digital, termasuk apakah mungkin pihak pusat mengendalikan jaringan atau dananya, yang berpotensi berbahaya dan menyebabkan volatilitas.

Namun, bahkan jika koin diaudit, proyek yang tidak jelas masih mungkin lolos dari celah. Para ahli menyarankan: “Anda hanya boleh berinvestasi sebanyak yang Anda mampu untuk tanggung kerugiannya.”