Shiba Inu Resmi Luncurkan Shibaswap, Siap Saingi Uniswap dan Sushiswap
Shiba Inu resmi luncurkan Shibaswap (Bitcoin.com)

Bagikan:

JAKARTA – Shibaswap sudah ditunggu-tunggu para penggemar aset kripto Shiba Inu (SHIB) dalam beberapa pekan terakhir. Pengembang Shiba Inu dikabarkan sudah meluncurkan platform perdagangan terdesentralisasi (Dex) Shibaswap pada 6 Juli lalu.

Platform perdagangan terdesentralisasi Shibaswap tersebut dibangun di atas jaringan Binance Smart Chain Mainnet. Sejumlah Dex populer juga menggunakan BSC, sebut saja Uniswap, Sushiswap, dan Pancakeswap.

(Tangkapn layar Twitter @Shibtoken)

Dengan hadirnya Shibaswap, token SHIB memiliki keunggulan dibanding koin anjing lainnya seperti Dogecoin (DOGE) maupun Baby Doge Coin (BABYDOGE). Dalam 24 jam pertama sejak peluncurannya, Shibaswap telah berhasil mengumpulkan 1,46 miliar dolar AS Total Value Locked (TVL) berdasarkan data dari laman resminya.

Melansir Bitcoin.com News, total nilai terkunci terus mengalami peningkatan, pada harai Kamis saja TVL Shibaswap naik hingga 1,55 miliar dolar AS. Namun kenaikan itu tidak berlangsung lama, data dari Coingecko menyebutkan bahwa SHIB mengalami penurunan 7,9 persen satu pekan terakhir.

Meski demikian, statistik dalam dua pekan SHIB menunjukkan peningkatan sebesar 18,8 persen. Data dalam satu bulan menunjukkan bahwa SHIB mengalami kenaikan sebesar 6,2 persen.

Selain itu, pengembang token Shiba Inu juga menciptakan token lainnya yang bernama Leash (LEASH) dan Bone (BONE). Kedua token baru tersebut digunakan untuk tujuan yang berbeda. Bone misalnya dijadikan sebagai reward bagi penyedia likuiditas di Shibawap.

Mulanya token Leash dimaksudkan sebagai token rebase yang dipatok dengan harga Dogecoin (DOGE). Namun, kini token Leash sudah “dilepas” dan bukan lagi token rebase. Pasokan Leash yang beredar saat ini hanya 100.000 token saja. Ini berbanding terbalik dengan SHIB yang berjumlah 497 triliun yang beredar di pasaran.

Meski demikian, kontrak Shibaswap dan perpindahan SHIB dikenai biaya yang masih tinggi. Biaya ETH ke SHIB lebih tinggi lagi sejak platform tersebut diluncurkan. Tercatat sejak pertama diluncurkan biaya transaksinya 3 dolar AS sebelum peluncuran Shibaswap menjadi 6,72 dolar AS per transaksi pada 7 Juli 2021 lalu, sehari setelah peluncurannya pada 6 Juli.