Incar Tambahan Dana Rp65 Triliun, Circle Segera <i>Go Public</i>
Kini makin banyak perusahaan kripto go public di AS, salah satunya Circle. (ilustri: logi circle)

Bagikan:

JAKARTA - Circle telah mengumumkan rencana mereka untuk menjadi perusahaan publik di AS. Perusahaan mata uang kripto ini akan bergabung dengan Concord Acquisition Corp, sebuah perusahaan SPAC. Circle lebih dikenal sebagai salah satu anggota pendiri konsorsium Center dengan Coinbase. Bersama dengan mitra kirpto lainnya, mereka telah mengeluarkan USD Coin (USDC), stablecoin yang populer di AS.

SPAC adalah perusahaan cek kosong yang diperdagangkan secara publik. Bergabung dengan SPAC telah menjadi cara yang umum bagi perusahaan teknologi  untuk menjadi perusahaan publik.

Menurut Circle, kesepakatan itu seharusnya memberi nilai pada perusahaan sebesar 4,5 miliar dolar AS (65 triliun rupiah). Investor yang terlibat dalam merger telah berkomitmen 415 juta dolar AS (6 triliun rupiah)dalam pembiayaan PIPE. Perusahaan juga baru-baru ini mengumpulkan modal 440 juta dolar AS (6,4 triliun rupiah). Circle akan memiliki banyak modal jika merger berhasil.

“Kami tidak pernah menganggap diri kami sebagai startup bitcoin. Media pasti mengklasifikasikan kami seperti itu karena kami terlibat dengan teknologi. Sejak kami mendirikan perusahaan tiga tahun lalu, kami telah fokus untuk mencoba membangun perusahaan pembiayaan konsumen baru, dan yang menghasilkan uang dengan cara kerja internet,” kata salah satu pendiri dan CEO Circle Jeremy Allaire kepada Natasha Lomas dari TechCrunch pada tahun 2016.

Menarik untuk melihat bahwa Allaire kini sudah berpikir untuk dapat memindahkan uang secara terprogram. Pada 2017 dan 2018, perusahaan berputar sekali lagi untuk fokus pada maya uang kripto. Ini meluncurkan meja perdagangan over-the-counter untuk investor mata uang kripto besar.

Itu mengakuisisi Poloniex, salah satu pertukaran mata uang kripto terbesar di AS pada saat itu. Itu juga meluncurkan Circle Invest, aplikasi seluler yang sangat sederhana yang memungkinkan Anda membeli dan menjual beberapa aset kripto.

Tetapi produk Circle yang paling menjanjikan adalah stablecoinnya — USD Coin, atau singkatnya USDC. Seperti namanya, 1 USDC selalu bernilai 1 dolar AS. Tidak seperti mata uang kripto tradisional, Anda dapat yakin bahwa nilai USDC tidak akan berfluktuasi seperti “orang gila”. Perusahaan audit secara teratur memeriksa bahwa penerbit selalu menyimpan mata uang dolar AS di rekening bank sebanyak USDC yang beredar.

Saat ini ada 25 miliar dolar AS USDC yang beredar dan perusahaan yakin akan ada 190 miliar dolar AS USDC yang beredar pada akhir tahun 2023. Circle berencana untuk memanfaatkan popularitas USDC untuk membangun layanan keuangan yang memanfaatkan USDC.