Ini 3 Gaya Belajar yang Harus Diketahui Pelajar  dan Mahasiswa
Gaya belajar setiap orang belum tentu sama. Pelajari gaya belajar Anda. ( Jeswin Thomas /unspalsh)

Bagikan:

JAKARTA - Pentingnya belajar tidak bisa diremehkan oleh siapa pun di dunia ini. Belajar memberdayakan kita untuk memenuhi ide-ide kita dan mewujudkan potensi penuh manusia, dan untuk masa depannya. Kecepatan memperoleh pengetahuan baru praktis sama pentingnya dengan volumenya. 

Jika Anda ingin mulai belajar lebih cepat, Anda memerlukan pendekatan baru terhadap proses yang memungkinkan Anda memahami esensi materi dan menghubungkannya dengan konsep baru yang Anda temui.

Untuk itu Anda perlu menganalisis Gaya Belajar Anda

Sebelum Anda dapat mulai bereksperimen dengan metode belajar yang berbeda, Anda perlu memahami tipe pembelajar seperti apa Anda sebenarnya. 

Apakah ingatan Anda terkait dengan suara?

Mungkin Anda dapat mengingat apa yang Anda baca saat lagu tertentu diputar? Jika ini terjadi pada diri Anda, maka Anda termasuk dalam kategori pembelajar auditori.

Jika Anda ingin mulai belajar dengan lebih efisien, maka akan lebih bijaksana untuk merekam kuliah dan mendengarkannya daripada membaca buku teks.

Apakah Anda menghubungkan informasi dengan konten visual?

Jika Anda seorang pembelajar visual, Anda harus menerapkan gambar, grafik, bagan, infografis, daftar warna-warni, kartu flash, dan jenis konten visual lainnya saat Anda belajar.

Jika Anda ingin belajar dengan cepat, Anda memerlukan lingkungan yang tenang dan bebas gangguan yang tidak akan mengganggu pikiran dengan cara apa pun. Tempat yang damai seperti itu akan membuat Anda dalam mode belajar segera setelah Anda menemukan diri Anda di dalamnya.

Apakah Anda seorang pembelajar fisik?

Jika gaya belajar Anda tidak auditori atau visual, maka Anda mungkin seorang pembelajar fisik. Beberapa siswa memiliki terlalu banyak energi. Mereka mengetuk kaki mereka atau bermain dengan pena selama kuliah.

Berjalan-jalan sebelum kuliah akan menenangkan saraf Anda. Anda bisa mencoba belajar atau mendengarkan ceramah audio sambil jalan-jalan. Itu akan membantu Anda mengingat informasi lebih cepat.

Selain itu, olahraga ringan, seperti yoga, dapat membantu Anda belajar lebih cepat. Jika Anda tidak aktif sepanjang hari, tubuh Anda akan ingin bergerak, sehingga akan sulit bagi Anda untuk tetap fokus.

Sebaliknya, jika Anda menyalurkan energi Anda melalui sesi latihan ringan, Anda akan siap untuk belajar secara produktif.