Bagikan:

YOGYAKARTA – Program Master of Business Administration (MBA) saat ini jadi incaran para pelajar dari Tanah Air. Peluang tersebut memang perlu dimanfaatkan mengingat banyak program MBA populer di luar negeri yang bisa diikuti oleh mahasiswa dari Indonesia.

Artikel ini akan memberikan pandangan untuk masyarakat tentang program MBA yang bisa dimanfaatkan oleh para pelajar Tanah Air.

Program MBA Populer di Luar Negeri

Seperti diketahui, MBA adalah program pendidikan pascasarjana yang pembelajarannya fokus pada manajemen bisnis. Program tersebut secara umum memberi bekal kepada mahasiswa untuk memimpin perusahaan atau organisasi. Program ini biasanya memiliki durasi kurang lebih 2 tahun hingga mahasiswa dinyatakan lulus dan diwisuda.

Program MBA dimiliki oleh universitas ternama di dunia. Berikut ini beberapa universitas yang memiliki program MBA populer di luar negeri.

  1. UC Berkeley - Haas School of Business, Amerika Serikat

Bagi mahasiswa yang ingin mengambil program MBA, UC Berkeley - Haas School of Business, Amerika Serikat bisa jadi salah satu rekomendasi. UC Berkeley Haas sangat populer di dunia karena jadi salah satu sekolah bisnis paling tua kedua di US. Ada empat jenis industri yang populer dan bisa diikuti yakni industri IT, konsultasi manajemen, keuangan, dan ritel. Durasi program MBA di tempat ini kurang lebih 21 bulan.

  1. Columbia University - Columbia Business School, Amerika Serikat

Masih di Amerika, Columbia Business School bisa jadi pilihan untuk mahasiswa yang ingin belajar keuangan. Universitas tersebut punya reputasi yang sangat baik di bidang keuangan. Uniknya, mahasiswa boleh mengganti mata kuliah pokok dengan mata kuliah pendamping dengan syarat bahwa mahasiswa tersebut harus membuktikan diri bahwa mereka sudah mahir dengan mata kuliah pokok yang harus ditempuh. Salah satu lulusan program ini adalah Warren Buffett. Peserta yang mengambil program MBA di Columbia University akan mengikuti pendidikan dengan durasi 20 bulan.

  1. London Business School, Inggris

Selain Amerika, Inggris juga punya banyak universitas dengan program MBA, salah satunya adalah London Business School. Reputasi institusi pendidikan ini tidak usah diragukan lagi, bahkan hampir 100 persen mahasiswa MBA London Business School berasal dari kalangan internasional. Peserta bisa memilih durasi belajar mulai dari 15, 18 hingga 21 bulan.

  1. Insead, Singapura

Insead sebenarnya memiliki dua kampus di dua negara yakni Paris dan Singapura. Anda bisa memilih Singapura sebagai tujuan. Reputasi Insead sangat baik karena bidang keilmuannya mengenal wilayah Asia. Mereka bahkan mengenal banyak perusahaan di Asia. Untuk mengikuti MBA di Insead, mahasiswa setidaknya harus menguasai 2 bahasa yakni bahasa Inggris sebagai pokok dan bahasa lain sebagai pendamping. Bahkan Insead mewajibkan mahasiswanya untuk menguasai 3 bahasa sebagai salah satu syarat kelulusan. Durasi mengambil program MBA di Insead mencapai 8 minggu. Banyak pelajar Insead yang justru punya pengalaman bekerja 5 hingga 6 tahun dengan usia mendekati atau lebih dari 30 tahun.

  1. Standford University - Stanford Graduate School of Business, Amerika Serikat

Siapa yang tak mengenal Standford University. Universitas tersebut juga memiliki program MBA dengan durasi 21 bulan. Program MBA di Standford University tak main-main, mereka benar-benar melakukan seleksi ketat terhadap peserta program MBA.

Itulah informasi terkait program MBA populer di luar negeri. Kunjungi VOI.ID untuk informasi menarik lainnya.