Bagikan:

YOGYAKARTA – Daftar negara dengan biaya pendidikan murah perlu disimak, terutama bagi Anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang strata-1 (S1) di luar negeri.

Biaya pendidikan yang dimaksud meliputi biaya kuliah, biaya hidup (living cost), biaya transportasi, biaya perlengkapan studi, dan biaya kesehatan.

Daftar Negara dengan Biaya Pendidikan Murah

Dirangkum dari berbagai sumber, Selasa, 21 Mei 2024, berikut ini adalah daftar negara dengan biaya pendidikan murah yang perlu Anda ketahui.

  1. Austria

Dinukil dari Instagram lembaga persiapan belajar ke luar negeri, Kobi Education, Austria merupakan negara yang baik bagi para pelajar internasional yang mencari pendidikan tinggi berkualitas.

Biaya pendidikan di negara ini sangat terjangkau, yakni sekitar 727,72 euro atau setara dengan Rp12 juta per semester. Selain itu, masih ada biaya tambahan sebesar 20,20 euro atau skitar Rp330 ribu untuk biaya keanggotaan student union dan asuransi.

  1. Jerman

Menyadur laman Times Higher Education, Jerman merupakan salah satu tujuan utama bagi para pelajar internasional yang mencari pendidikan tinggi berkualitas tanpa harus membayar biaya kuliah.

Semua lembaga pendidikan tinggi di Jerman menggratiskan biaya kuliah khusus untuk studi S1. Sementara program pasca sarjana dapat diakses dengan biaya yang sangat terjangkau.

Jermah juga menjadi rumah bagi banyak universitas berperingkat tinggi, dengan 22 universitas Jerman masuk dalam The World University Rankings (WUR) 2023.

Selain menawarkan pendidikan gratis, biaya hidup di Jeman juga cukup terjangkau. Di negara ini, harga sewa apartemen satu kamar hanya sekitar Rp12 juta per bulan.

Untuk memenuhi biaya hidup di Jerman, Anda bisa bekerja paruh waktu atau mengikuti program beasiswa.

  1. Finlandia

Finlandia adalah negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Di negara ini, aktivitas pembelajaran berpusat pada siswa, sehingga setiap individu dapat mengembangkan potensi yang ada di dalam dirinya.

Selain memiliki sistem pendidikan yang baik, pemerintah Finlandia juga menggratiskan biaya kuliah S1 dengan bahasa pengantar Finnish atau Swedish.

Untuk program kuliah berbahasa Inggris, biaya kuliahnya bervariasi dari 60 juta per tahun. Biaya ini masih lebih murah bila dibandingkan negara lainnya.

  1. Turki

Turki termasuk negara terbaik untuk para pelajar internasional. Di negara ini, Anda bisa mengakses pendidikan tingkat strata-1 dengan biaya yang terjangkau.

 Menurut laman THE, di Turki Anda hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp675 ribu per bulan untuk biaya kuliah.

Selain itu, harga sewa apartemen satu kamar di negara ini juga sangat terjangkau, yakni sekitar Rp5,5 juta per bulan.

  1. Thailand

Thailand juga masuk dalam daftar negara dengan biaya pendidikan murah. Menyadur laman Masters Portal, rata-rata biaya kuliah program sarjana di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Thailand sekitar 1.819 hingga 1938 dolar AS per semester atau sekitar Rp29 juta hingga 30,9 juta per semester.

Untuk harga sewa apartemen satu kamar, rata-ratanya sekitar Rp4,9 juta per kamar.

Demikian informasi tentang daftar negara dengan biaya pendidikan murah. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.