Cara Cek Formasi CPNS 2023, Pendaftarannya Diperpanjang hingga 11 Oktober
Ilustrasi (Foto: DOK ANTARA)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Cara cek formasi CPNS 2023 dapat dilakukan lewat situs resmi yang dikelola oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). Portal sistem seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) menyediakan kolom pencarian formasi CPNS dan PPPK 2023 sesuai kualifikasi pendidikan pelamat, instansi, dan jenis kebutuhan yang dibuka.

Selain itu, pelamar juga dapat mengecek uraian tugas hingga syarat jabatan di portal ini maupun di link resmi instansi pilihan yang tercantum di portal.

Cara Cek Formasi CPNS 2023

Telah disinggung di atas, pengecekan daftar formasi CPNS 2023 bisa dilakukan lewat portal seleksi CASN BKN. Anda bisa mengakses laman sscasn.bkn.go.id untuk mengecek dan menimbang formasi yang tepat untuk dilamar pada seleksi CASN tahun ini.

Bagi pelamar, langkah awal yang harus diperhatikan adalah memastikan bahwa mereka mendaftar pada formasi yang sesuai dengan kualifikasi pendidikan mereka.

Sebagai informasi, pendaftaran CASN yang semula ditutup pada 9 Oktober, diperpanjang hingga 11 Oktober 2023. Hal ini berdasarkan surat yang diterbitkan oleh BKN dengan nomor 9386/B-KS.04.01/SD/E/2023.

“Sehubungan dengan tingginya trafik pendaftaran pada sistem SSCASN yang berdampak terhadap portal pendaftaran seleksi CASN Tahun 2023, bersama ini kami sampaikan penyesuaian jadwal pelaksanaan seleksi CASN tahun 2023,” kata BKN dalam surat tersebut, dikutip VOI Selasa, 10 Oktober 2023.

“Penyesuaian waktu pendaftaran seleksi ini juga berlaku bagi calon PPPK Guru Pelamar Umum. Dengan adanya surat ini, maka surat Plt. Kepala BKN Nomor:8871/BKS.04.01/SD/K/2023 tanggal 16 September 2023 dinyatakan dilakukan penyesuaian,” sambung BKN.

Adapun cara cek formasi CPNS 2023 adalah sebagai berikut:

  • Buka laman https://sscasn.bkn.go.id/ di browser Anda.
  • Bila muncul kotak pengumuman pembuatan akun, klik Saya mengerti.
  • Gulir atau scrool ke bawah sampai melihat kolom tingkat pendidikan, klik kolom tersebut.
  • Pilih tingkat pendidikan yang sudah Anda tamatkan, misalnya SLTA/SMK/MA/D-I atau S-1/D-IV/Profesi.
  • Pada kolom program studi, ketik nama program studi yang ditempuh sesuai tigkat pendidikan terakhir yang dipilih.
  • Berikutnya, portal akan menampilkan prodi yang berkaitan. Pada tahap ini, pilih prodi yang sesuai dengan kualifikasi pendidikan.
  • Pada kolom cari instansi, kosongkan bila Anda ingin melihat semua opsi di berbagai instansi kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah. Akan tetapi, bila ingin mendapatkan hasil yang lebih spesifik, ketikkan nama instansi tertentu.
  • Pada kolom pengadaan, pilih “CPNS” agar hasil pencariannya lebih spesifik. Bila Anda memilih “Semua Jenis Pengadaan”, portal akan menampilkan opsi CPNS dan PPPK yang ada.
  • Klik “Cari”.
  • Tunggu sistem menyediakan daftar formasi
  • Cek dan catat jabatan yang diminati, unit kerja, jenis pengadaan, opsi pendaftaran oleh penyandang disabilitas, penghasilan, dan jumlah kebutuhan.
  • Klik “Lihat” untuk mengetahui periode pendaftaran, kualifikasi pendidikan pendaftar yang dapat melamar, uraian tugas jabatan, syarat administrasi lebih lanjut, dan syarat jabatan.

Setelah mengetahui daftar formasi CPNS 2023 yang akan dipilih, buka kembali portal seleksi CASN BKN untuk membuat akun dan mendaftar CASN.

Demikian informasi tentang cara cek formasi CPNS 2023. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.