Bagikan:

YOGYAKARTA - Persaingan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) semakin ketat dari tahun ke tahun. Ribuan pelamar memperebutkan sejumlah formasi yang tersedia. Agar tahu seberapa besar peluang diterima, berikut ini cara cek jumlah pesaing CPNS 2024.

Agar persiapan Anda lebih matang, mengetahui jumlah pesaing menjadi hal penting. Artikel ini akan memandu Anda langkah demi langkah untuk mengetahui jumlah pelamar pada setiap formasi yang dibuka.

Cara Cek Jumlah Pesaing CPNS 2024

Kini, Anda dapat dengan mudah memeriksa jumlah pelamar pada setiap formasi melalui portal resmi SSCASN BKN.

Fitur ini memungkinkan peserta seleksi untuk mengetahui secara pasti berapa banyak orang yang juga mengincar jabatan yang sama.

Bagi Anda yang telah lolos tahap seleksi administrasi, informasi ini sangat berguna untuk mempersiapkan diri menghadapi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang akan datang

Untuk mengetahui jumlah pelamar pada setiap formasi CPNS 2024, Anda bisa memanfaatkan fitur pencarian yang disediakan oleh SSCASN BKN.

Caranya cukup mudah, buka situs https://sscasn.bkn.go.id/ dan masukkan data diri Anda pada form pencarian yang tersedia. Setelah itu, sistem akan menampilkan daftar formasi yang sesuai dengan kriteria Anda, lengkap dengan jumlah pelamarnya.

cara cek jumlah pesaing cpns 2024 (antaranews)

Dimana melihat tanggal ujian CPNS 2024?

Berdasarkan Surat Keputusan Badan Kepegawaian Negara Nomor 5419/B-KS.04.01/SD/K/2024, pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) bagi peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun anggaran 2024 telah ditetapkan dimulai pada tanggal 16 Oktober 2024.

Setelah mengetahui jumlah pesaing di formasi yang didaftar, mau tahu jadwal ujian SKD CPNS 2024 Anda? Berikut caranya:

  • Buka situs https://sscasn.bkn.go.id.
  • Login dengan NIK dan password.
  • Cari menu "Resume Pendaftaran".
  • Cetak kartu ujian.
  • Periksa lokasi, tanggal, dan waktu ujian di kartu.
  • Datang 1 jam sebelum ujian dimulai.
  • Jangan lupa bawa kartu ujian.

Sebelum melanjutkan, baca juga artikel yang membahas Cara Cek Lokasi Ujian SKD CPNS 2024, Simak Langkah-langkahnya Berikut

Adapun tahapan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 telah disusun secara rinci, berikut ini adalah jadwal lengkapnya:

  • Seleksi Kompetensi Dasar (SKD): Berlangsung mulai 16 Oktober hingga 14 November 2024, dilanjutkan dengan pengolahan nilai pada 23 Oktober-16 November. Hasil SKD akan diumumkan pada 17-19 November.
  • Seleksi Kompetensi Bidang (SKB): Kemudian bagi peserta yang lolos SKD, tahapan selanjutnya adalah SKB. SKB non-Computer Assisted Test (CAT) akan dilaksanakan pada 20 November-17 Desember. Sementara itu, peserta SKB CAT akan melakukan pemetaan dan pemilihan titik lokasi ujian pada 20-25 November. Penarikan data final SKB, penjadwalan, dan pengumuman peserta SKB CAT akan berlangsung pada 26 November hingga 8 Desember. Pelaksanaan SKB CAT akan dilaksanakan pada 9-20 Desember.
  • Integrasi Nilai dan Pengumuman Akhir: Setelah semua tahapan selesai, nilai SKD dan SKB akan diintegrasikan pada 17 Desember 2024 hingga 4 Januari 2025. Pengumuman hasil seleksi CPNS secara keseluruhan akan dilakukan pada 5-12 Januari 2025.
  • Masa Sanggah dan Pengolahan Hasil: Bagi peserta yang tidak puas dengan hasil, dapat mengajukan sanggah pada 13-15 Januari 2025. Jawab sanggah akan dilakukan pada 13-19 Januari, dan pengolahan hasil sanggah akan berlangsung pada 15-20 Januari. Pengumuman pasca sanggah akan disampaikan pada 16-22 Januari.
  • Tahap Akhir: Peserta yang dinyatakan lulus akan diminta mengisi Daftar Riwayat Hidup (DRH) Nomor Induk Pegawai (NIP) CPNS pada 23 Januari hingga 21 Februari 2025. Usul penetapan NIP CPNS akan dilakukan pada 22 Februari hingga 23 Maret 2025.

Selain cara cek jumlah pesaing cpns 2024, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari VOI dan follow semua akun sosial medianya!