Bagikan:

YOGYAKARTA - Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) merupakan tahapan yang sangat penting dalam proses rekrutmen CPNS. Bagi para peserta harus paham jika terdapat beberapa sanksi pelanggar SKD CPNS 2024 yang berdampak serius.

Sanksi yang diberikan pun beragam, mulai dari teguran hingga diskualifikasi. Lantas, apa saja jenis pelanggaran yang dapat berakibat fatal tersebut?

SKD Tes CPNS 2024 kapan?

SKD bertujuan untuk memastikan bahwa peserta yang lolos seleksi memiliki kompetensi dasar yang diperlukan untuk menjalankan tugas sebagai ASN.

Dilansir dari laman BKD Sulawesi Tengah, ujian SKD mencakup tiga aspek penting, yaitu pemahaman terhadap ideologi negara, kemampuan kognitif, dan karakteristik pribadi. Dengan waktu mengerjakan 100 menit, peserta dihadapkan pada 110 soal yang dirancang untuk mengukur ketiga aspek tersebut.

Adapun pelaksanaan SKD tahun 2024 ini akan digelar mulai tanggal 16 Oktober hingga 14 November 2024. Peserta wajib membawa dan memeriksa kembali lokasi ujian yang tercantum pada kartu peserta. Kartu ini dapat dicetak secara mandiri melalui portal SSCASN di situs resmi BKN.

SKD Tes CPNS 2024 kapan (antaranews)

Sanksi Pelanggar SKD CPNS 2024

Peserta yang melanggar tata tertib SKD CPNS 2024 dapat dikenai sanksi yang beragam, mulai dari teguran lisan hingga diskualifikasi. Beberapa tindakan yang dianggap sebagai pelanggaran meliputi:

  • Membawa barang yang tidak diperbolehkan

Peserta yang kedapatan membawa ponsel, jam tangan pintar, atau catatan akan dikenai sanksi tegas.

  • Gangguan ketertiban

Tindakan seperti berbicara dengan peserta lain, keluar masuk ruangan tanpa izin, atau membawa makanan dan minuman ke dalam ruang ujian dapat mengganggu konsentrasi peserta lain dan dapat berakibat pada pembatalan ujian.

  • Pelanggaran aturan berpakaian

Peserta yang tidak mengenakan pakaian yang sopan dan rapi dapat dianggap tidak serius dan tidak diperkenankan mengikuti ujian.

  • Tidak melengkapi persyaratan administrasi

Peserta yang tidak membawa identitas diri yang sah atau tidak memiliki PIN registrasi tidak dapat mengikuti ujian.

  • Kecurangan

Peserta yang terbukti melakukan kecurangan, seperti bekerja sama dengan peserta lain, melihat jawaban peserta lain, atau menyebarkan soal ujian, akan didiskualifikasi dan dapat dikenai sanksi lebih lanjut.

Sebelum melanjutkan, baca juga artikel yang membahas Biar Tahu Peluang Diterima, Begini Cara Cek Jumlah Pesaing CPNS 2024

Rekomendasi Buku Latihan Tes CPNS 2024 Lengkap dengan Pembahasan

Bingung memilih buku panduan SKD CPNS? Dua pilihan menarik bisa Anda pertimbangkan: 'Buku Paten Kisi-Kisi Resmi CPNS CAT 2024/2025' dan 'Modul Resmi Taktis CPNS 2024'.

Buku pertama, karya Siti Khalimatussa’diyah, menawarkan materi yang lengkap dan mendalam, serta fitur tambahan yang mendukung proses belajar. Jika Anda lebih menyukai pendekatan yang komprehensif, buku ini cocok untuk Anda.

Di sisi lain, 'Modul Resmi Taktis CPNS 2024' menyajikan materi yang lebih ringkas dan fokus pada strategi menjawab soal dengan cepat. Buku ini ideal bagi Anda yang ingin berlatih soal-soal secara intensif."

Sementara itu, ada opsi lain buku latihan komprehensif untuk persiapan CPNS 2024/2025, yang dikerjakan oleh tim ahli dari Garuda Medika dan Mitrasiswa.

Buku ini memberikan panduan lengkap untuk menghadapi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Dilengkapi dengan 12 paket soal SKD, 18 paket soal SKB, serta materi ringkasan yang mudah dipahami, buku ini akan membantumu meraih prestasi terbaik.

Selain sanksi pelanggar skd cpns 2024, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari VOI dan follow semua akun sosial medianya!