Lolos Sertifikasi TENAA, Bukti Samsung Galaxy S21 FE Bakal Meluncur
Samsung S21, sudah telah melewati proses sertifikasi TENAA di China. (foto: go digital)

Bagikan:

JAKARTA - Samsung Galaxy S21 Fan Edition (FE) seperti dikabarkan sebelumnya,  akan mengalami penundaan dalam peluncurannya. Hal ini disebabkan beberapa komponen mengalami kendala, tetapi ponsel tersebut dilaporkan telah melewati proses sertifikasi TENAA di China.

Ini artinya, smartphone anyar Samsung tersebut benar-benar akan hadir di pasaran, bukan hanya sekadar rumor saja. Menurut laporan Sam Mobile, Kamis 8 Juli, Galaxy S21 FE seharusnya diluncurkan bulan depan bersama Galaxy Z Flip 3 dan Galaxy Z Fold 3. Namun, peluncurannya itu ditunda hingga Q4 2021 karena kendala hadirnya komponen. Komponen itu antara lain seperti chipset dan baterai.

Dari dokumen sertifikasi tersebut, Galaxy S21 FE yang bernomor model SM-G9900 akan hadir dengan mengusung sistem operasi Android 11. Selain sertifikasi tersebut, terdapat pula beberapa bocoran spesifikasi dan desain yang hadir.

Smartphone ini mengusung konsep layar 6,4 inci. Galaxy S21 FE akan dibekali baterai berkapasitas 4.370mAh. Didukung pula dengan fitur konektivitas 5G dan slot kartu dual-SIM. Ponsel ini juga akan memiliki ukuran 155,7×74.5×7.9mm. Itu artinya, ukuran Galaxy S21 FE akan lebih ringkas dibandingkan Galaxy S20 FE pendahulunya.

Jika melihat bocoran sebelumnya, Galaxy S21 FE akan memiliki sensor pembaca sidik jari yang berada di dalam layar. Smartphone ini juga dilengkapi speaker stereo dan sertifikasi IP68 untuk ketahanan terhadap debu dan air. 

Dapur pacu dari Galaxy S21 FE diperkirakan akan disokong prosesor Exynos 2100 di beberapa pasar Asia dan Afrika. Sementara untuk wilayah lain, Galaxy S21 FE akan mendapatkan prosesor Snapdragon 888.

Sedangkan fitur lain yang ada di Galaxy S21 FE yakni GPS, Wi-Fi 6, Bluetooth 5.0, NFC, port USB Type-C, wireless charging, dan pengisian daya cepat 45W. Galaxy S21 FE hadir dalam empat varian warna, dengan pilihan  kapasitas RAM dan penyimpanan internal sebesar 6GB/128 GB atau 8GB/256GB.