Mulai Ramah pada Blockhain, Bank Negara Vietnam Bentuk Tim Peneliti Mata Uang Digital
Pembayaran dengan uang digital makin marak di Vietnam, pemerintahnya mulai adaptasi dengan blockchain. (foto: veitnamnews.vn)

Bagikan:

JAKARTA - Bank Negara Vietnam dilaporkan akan menjadi bank sentral terbaru yang ,meneliti eksplorasi kelayakan dan operasional mata uang digital bank sentral (CBDC), Juli ini.

Berbeda dari negara lain, sedang mencari untuk menguji mata uang digital yang akan secara tegas dibangun di atas teknologi blockchain.

Menurut laporan Viet Nam News, Sabtu, 3 Juli dari, Perdana Menteri Phạm Minh Chính mengumumkan inisiatif tersebut sebagai bagian dari strategi pengembangan e-government yang lebih luas. Bank sentral diharapkan untuk membangun dan implementasi percontohan dari tahun 2021 hingga 2023.

Perlakuan politisi Vietnam terhadap teknologi blockchain, terlihat berbeda dari permusuhan luas mereka terhadap mata uang terdesentralisasi. Negara tersebut melarang Bitcoin (BTC) pada tahun 2018 sebagai alat pembayaran sambil mempertahankan hak individu dan perusahaan untuk berinvestasi secara pribadi dalam kripto.

Larangan itu segera diikuti oleh arahan kepada lembaga kredit untuk membatasi layanan yang diberikan pada kegiatan terkait mata uang digital untuk mengurangi risiko pencucian uang. Terlepas dari kedua langkah tersebut, belum ada kerangka peraturan formal untuk pertukaran kripto yang beroperasi di Vietnam.

Sejak musim semi 2020, pendekatan yang bermusuhan tetapi relatif lepas tangan ini mulai bergeser. Pada Mei tahun itu, Kementerian Keuangan Vietnam setuju untuk membentuk kelompok penelitian yang bertugas mempelajari dan membuat proposal kebijakan mengenai cryptocurrency dan aset digital. 

Kelompok itu, yang mencakup Bank Negara, juga termasuk regulator sekuritas negara itu, Departemen Perbankan dan Lembaga Keuangan, Departemen Umum Bea Cukai Vietnam dan lainnya.

Huỳnh Phước Nghĩa, wakil direktur Institut Inovasi di Universitas Ekonomi Kota Ho Chi Minh (UEH), mengatakan kepada wartawan bahwa karena pembayaran tanpa uang tunai terus meningkat di negara itu, pengakuan mata uang digital oleh Bank Negara akan membantu untuk lebih mempercepat proses ini. 

“Uang digital adalah tren yang tak terelakkan” dan melakukan uji coba akan membantu pemerintah menilai pro dan kontra dari berbagai pendekatan dan untuk mengeksplorasi mekanisme pengelolaan yang tepat,” kata Nghĩa.

Narasumber lain, Lê t Chí, yang merupakan wakil kepala Fakultas Keuangan UEH, menekankan bahwa tindakan cepat diperlukan agar negara dapat bersaing karena momentum di belakang CBDC terus tumbuh.

Viet Nam News berpendapat bahwa penerbitan CBDC dapat berguna untuk negara-negara kecil dalam sistem global yang didominasi oleh dolar AS, dan, pada tingkat lebih rendah, euro dan yen. Namun, Chí, selain menyerukan percepatan studi dan pengembangan CBDC, menekankan potensi risiko bagi keamanan keuangan dan moneter negara. 

Seorang perwakilan dari NextTech Group of Technopreneurs — sekelompok perusahaan yang berfokus pada perdagangan digital di seluruh Asia Tenggara — berpendapat bahwa Vietnam perlu menentukan definisi resmi untuk cryptocurrency.

Sebelum pemerintah membentuk kelompok penelitiannya pada Mei 2020, pejabat kepolisian Vietnam mendesak warga untuk tidak berpartisipasi dalam skema investasi kripto. 

Maret ini, Kementerian Keuangan Vietnam sendiri memperingatkan publik tentang risiko investasi cryptocurrency, mengingat status industri yang masih belum diatur di negara tersebut.